Dark/Light Mode

Menteri Teten: Indonesia Jajaki Kerja Sama Bidang Pengolahan Hasil Perikanan Dengan Jepang

Selasa, 1 Agustus 2023 15:10 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (ketujuh kiri) saat mengunjungi Marusen Suisan Co.Ltd, di Toyokawa, Aichi, Jepang, Selasa (1/8). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (ketujuh kiri) saat mengunjungi Marusen Suisan Co.Ltd, di Toyokawa, Aichi, Jepang, Selasa (1/8). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menjajaki kolaborasi dengan perusahaan perikanan terbesar dan tersukses di Jepang yakni Marusen Suisan, terkait potensi kerja sama yang dapat digarap antara Indonesia dan Jepang di bidang pengolahan hasil perikanan.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, kerja sama yang memungkinan untuk dilakukan kolaborasi adalah di bidang teknologi untuk meningkatkan kualitas dan keragaman produk olahan seafood, seperti saus untuk campuran seafood dan asinan ikan.

Baca juga : Deloitte Indonesia Umumkan 11 Perusahaan Dengan Pengelolaan Terbaik 2023

“Kemitraan ini dapat menghasilkan keuntungan bersama, memanfaatkan keahlian masing-masing untuk menciptakan produk yang inovatif dan ramah pasar,” kata Menkop UKM Teten Masduki saat mengunjungi Marusen Suisan Co.Ltd, di Toyokawa, Aichi, Jepang, Selasa (1/8).

Teten mengatakan, produksi perikanan tangkap di Indonesia khususnya perikanan laut tumbuh 2,23 persen dan perairan umum darat 2,71 persen pada 2020.

Baca juga : Gerakan Panrannuangku Ganjar Tarik Perhatian Warga Dengan Lomba Kapal Ketinting

Selain itu, perdagangan bilateral untuk produk perikanan Indonesia cukup menggembirakan, dengan perkiraan nilai ekspor sebesar 6,24 miliar dolar AS dan volume sebesar 1,22 juta ton pada 2022.

Menurut Teten, Jepang merupakan salah satu negara tujuan utama ekspor perikanan Indonesia, dengan total ekspor sebesar 1.431,5 ton.

Baca juga : Mendikbudristek: Indonesiana TV Jadi Wadah Diplomasi Budaya Internasional

Ia menegaskan, tujuan kunjungan itu juga untuk memperluas jaringan informasi perdagangan bagi komoditas perikanan. Kemudian juga berbagi wawasan pasar dan data perdagangan dapat meningkatkan pemahaman Indonesia tentang preferensi konsumen dan pola permintaan yang mengarah pada keputusan perdagangan yang lebih strategis dan potensi pertumbuhan di sektor perikanan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.