Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Dukung Inovator Muda, Indah Kiat Sabet Penghargaan Inovasi SDG

Rabu, 2 Agustus 2023 19:29 WIB
Pemberiaan SDG Innovation. (Foto: Ist)
Pemberiaan SDG Innovation. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di era globalisasi yang penuh tantangan, inovasi menjadi kunci untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. 

United Nations Global Compact (UNGC) melalui Indonesia Global Compact Network (IGCN), meluncurkan program SDG Innovation (SDGI) yang mengajak para profesional muda dari segala sektor untuk menjadi inovator di masing-masing perusahaan tempat bekerja dalam rangka mendorong percepatan pencapaian SDGs nasional yang berkontribusi ke global. 

Program ini berjalan selama sembilan bulan dengan beberapa langkah yang harus dilalui. Total peserta dari Indonesia 69 inovator dari 16 perusahaan. Hari ini adalah pengumuman enam perusahaan innovator terbaik dan salah satunya adalah PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, setelah melewati rangkaian sesi pelaporan program. 

Acara ini memberikan pengakuan atas dedikasi dan inovasi generasi muda Indonesia dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Baca juga : OJK Dukung Kemudahan Pendanaan Petani Sawit Di Sumsel

“Di era globalisasi yang penuh dengan tantangan, kebutuhan akan inovasi sangat mendesak. Inovasi adalah jantung dari pembangunan berkelanjutan, membuka jalan untuk solusi baru yang dapat mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi," ujar Chief Sustainability Officer APP Sinar Mas, Elim Sritaba dalam Penghargaan Akselerasi Inovasi SDG di UNIKA Atma Jaya Jakarta, Rabu (2/8).

Penghargaan yang diperoleh ini juga menguatkan dedikasi dan kreativitas generasi muda Indonesia. “Mereka adalah pembawa obor estafet kepemimpinan di masa depan. Kami di APP Sinar Mas bangga mendukung dan menjadi bagian dari perjalanan penting ini," tambah Elim. 

PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk telah berkomitmen untuk pengelolaan limbah berkelanjutan melalui proyek "Kolaborasi Pengelolaan Limbah Berkelanjutan: IKPP Serang dan Bank Sampah Digital." Inisiatif ini mengintegrasikan teknologi dan partisipasi komunitas untuk menciptakan solusi pengelolaan limbah yang efektif. 

Sedangkan, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk berupaya mendorong energi bersih dan berkelanjutan di Indonesia melalui proyek "Green Energy: Solar Panel Installation." Inisiatif ini berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon.

Baca juga : Terapkan Produksi Berkelanjutan, Indofood Sabet Penghargaan BPOM

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyoroti, potensi besar Indonesia dalam pariwisata dan ekonomi kreatif, serta harapan akan kolaborasi lebih lanjut dengan Tim Inovator untuk mewujudkan Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan. 

Sedangkan, Direktur Eksekutif IGCN Josephine Satyono menekankan, pentingnya program ini sebagai katalisator untuk meningkatkan keterampilan dan talenta kreativitas dalam pemecahan masalah, serta penerapan ketajaman bisnis untuk pengembangan produk dan layanan baru.

Dengan berbagai kolaborasi dan inisiatif yang telah dicanangkan, acara penganugerahan ini menjadi momentum penting dalam upaya memperkuat dukungan sektor swasta dan pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Ini juga menjadi bukti nyata bahwa dengan kerja sama dan inovasi, Indonesia dapat mencapai target SDG dengan lebih cepat dan efektif. 

Sementara itu, Deputy for Maritime Affairs and Natural Resources National Coordinator of SDGs Kementerian PPN/ Bappenas, Vivi Yulaswati menekankan, peran perusahaan dalam mendorong inovasi. 

Baca juga : Top! Pertamina Kembali Sabet Dua Penghargaan Internasional

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga melihat program ini sebagai langkah penting menuju Jakarta yang lebih berkelanjutan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.