Dark/Light Mode

Hadapi Era Digital, Pengusaha Harus Perkuat Strategi Komunikasi

Selasa, 17 September 2019 15:41 WIB
Peserta BPM Online 2019. (Foto: Ist)
Peserta BPM Online 2019. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Era digital tak bisa dihindari. Untuk menghadapinya, pengusaha di Tanah Air harus memperkuat strategi komunikasi untuk menjalin relasi dan pelanggan.

Hal tersebut dikatakan Godfather of CRM, Paul Greenberg pada acara bpm’online Global Tour 2019. Penulis buku CRM at the Speed of Light itu datang ke Indonesia untuk menularkan ilmunya kepada pengusaha Tanah Air.

Menurut Paul, di era digital saat ini, model komunikasi juga mengalami revolusi. Dan, ada tiga komponen penting dalam pengalaman pelanggan harus jadi perhatian, yakni emotional, functional, dan accessible. 

Baca juga : Jokowi Ingatkan Lagi Pengusaha Terkait Resesi Ekonomi Global

"Pelanggan juga memerlukan akses ke kombinasi Products, Service, Tools, Consumable," ujar Paul dalam keterangannya seperti ditulis Selasa (17/9). Menurutnya, customer enggament atau keterlibatan pelanggan adalah interaksi yang berkelanjutan antara perusahaan dan pelanggan.

Paul Greenberg adalah Managing Principal of The 56 Group, LLC, penulis best selling book CRM at the Speed of Light yang bukunya menjadi referensi di lebih dari 70 universitas di seluruh dunia. Pemikiran serta analisanya yang tajam mengenai CRM menjadi acuan serta benchmark di kalangan pelaku pasar di industri CRM.

Acara bpm’online Global Tour 2019 juga menghadirkan Global Channel Director bpm’online Alex Donchuk, Partner Account Manager bpm'online for APAC Bogdan Henderson, dan Managing Director iSystem Asia Aina Neva Fiati. Acara ini dimoderatori Ananta Dewandhono, Senior Partner, iSystem Asia (PT Inter Sistem Asia).

Baca juga : Bamsoet di Munas HIPMI: Pengusaha Muda Harus Bisa Berkontribusi Tekan Defisit Transaksi Berjalan

Ada juga perwakilan perusahaan di Indonesia yang telah mengimplementasikan bpm’online di antaranya Harisman Wahyuadi selaku VP Ancillary & Cargo Citilink Indonesia, Azalea Ayuningtyas selaku CEO dan Founder Du’Anyam, dan Ernawan selaku Senior IT Consultant Wijaya Karya.

"Kami berharap penerapan sistem CRM di Indonesia terus mengimbangi pesatnya industri digital saat ini. Kehadiran Paul menandakan industri di Asia Pasifik terutama Indonesia tengah jadi sorotan dan tentu saja standar sistem relasi terhadap pelanggan terus meningkat," kata Managing Director iSystem Asia Aina Neva Fiati.

Accelerate bpm’online Global Tour 2019 dielenggarakan oleh bpm’online dan iSystem Asia. iSystem Asia merupakan perusahaan yang berfokus pada bidang CRM/CX dan BPM, saat ini pemegang lisensi software bpm’online untuk Indonesia juga Asia Pacific. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.