Dark/Light Mode

Hati-hati Kucurkan Kredit

Mandiri Komit Jalani GCG Dan Best Practice

Selasa, 8 Agustus 2023 07:25 WIB
Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri Ahmad Siddik Badruddin. (Foto: Antara)
Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri Ahmad Siddik Badruddin. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Susun Restrukturisasi

Bank Mandiri saat ini tengah menyiapkan Perjanjian Restruk­turisasi Induk atau Master Restruc­turing Agreement (MRA) terhadap utang BUMN Karya yakni PT Waskita Karya Tbk dan PT Wijaya Karya Tbk atau WIKA.

Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri Ahmad Siddik Badruddin mengatakan, bahwa penyusunan MRA tersebut di­lakukan pihaknya bersama para pemberi pinjaman lain (lender).

Baca juga : Rapat Perdana Dengan Dirut Bulog, Zainut Tauhid Komit Jalankan Tugas Komisaris

Rencananya, skema restruk­turisasi utang kedua debitur konstruksi tersebut mungkin akan rampung dalam beberapa minggu ke depan.

Siddik menambahkan, Bank Mandiri juga telah meningkat­kan pencadangan untuk kedua debitur konstruksi tersebut. Ini juga sebagai upaya bank dalam melanjutkan perbaikan kualitas kredit yang sudah dicapai pada tahun ini.

Hingga kuartal II tahun 2023, perseroan menyiapkan pencadangan yang cukup, dengan NPL (Non Performing Loan) Coverage ratio bank only mencapai 342,2 persen.

Baca juga : Puluhan Ribu Warga Hijauhkan Kendari Dalam Acara Jalan Sehat PPP Sultra

“Atau meningkat dari po­sisi kuartal II tahun sebelumnya yang sebesar 274,5 persen,” rincinya.

Dari sisi NPL bank only ter­catat melandai ke level 1,53 persen per Juni 2023, turun 94 basis poin (bps) dari Juni 2022 di level 2,47 persen.

Bank Mandiri juga akan melan­jutkan perbaikan kualitas kredit ini secara bertahap. Diproyeksi, angka biaya Cost of Credit (CoC) Bank Mandiri secara konsolidasi akan stabil di rentang angka 1,1 sampai 1,3 persen.

Baca juga : Santri Ganjar Bekali Para Santri Kemampuan Desain GrafisĀ 

“Dan pada 30 Juni 2023, CoC tercatat sebesar 1,19 persen atau menurun 23 bps,” tutupnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 8/8/2023 dengan judul Hati-hati Kucurkan Kredit, Mandiri Komit Jalani GCG Dan Best Practice

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.