Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Joko Suranto Terpilih Jadi Ketum DPP REI Periode 2023- 2027

Kamis, 10 Agustus 2023 20:46 WIB
Munas XVII Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia REI Tahun 2023 di Grand Ballroom Hotel Sheraton Gandaria City, Jakarta, Kamis (10/8). (Foto: Dok. REI)
Munas XVII Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia REI Tahun 2023 di Grand Ballroom Hotel Sheraton Gandaria City, Jakarta, Kamis (10/8). (Foto: Dok. REI)

 Sebelumnya 
"Saatnya sekarang saya mengabdikan diri secara penuh untuk organisasi ini dan memperjuangkan kebaikan bagi seluruh anggota REI,” tegas Tokoh Inspiratif Jawa Tengah bidang Ekonomi dan Bisnis tahun 2022 itu.

Usai dilantik sebagai nakhoda REI, Joko akan fokus menyelesaikan berbagai persoalan yang masih menghambat industri properti dan menghambat bisnis pengembang anggota REI lewat beberapa program strategis.

Antara lain dengan membentuk Badan Kajian Strategis (BKS) REI yang nantinya berperan sebagai think tank organisasi dalam meneliti, mengkaji dan merumuskan berbagai solusi persoalan untuk disampaikan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan (stakeholder) terkait.

REI juga akan menginisiasi database properti yang dapat diakses secara digital oleh masyarakat. Database ini penting, karena data akan menjadi tolak ukur dan bahan analisis dalam membahas semua kendala di lapangan.

“Yang terpenting lagi, saya akan terus mendorong sinergi dan kebersamaan di REI termasuk merealisasikan kerjasama antara developer besar nasional dan developer daerah," ujar peraih penghargaan Mitra Pengembang Bank BTN KCS 2021 dan Top Contributor Mandiri KPR 2022 itu.

Baca juga : Ucapkan Terima Kasih, Menag Tutup Operasional Haji 2023

Joko Suranto lahir 20 Januari 1969 di Desa Jetis, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Sebagai anak desa, dia terbiasa hidup sederhana dan seadanya.

"Dari muda saya terbiasa produktif. Kalau tidak produktif apalagi menganggur itu saya nggak enjoy, rasanya enggak asyik," ujar Ketua Yayasan IKA UNS dan Wakil Ketua Umum Kadin Jawa Barat tersebut.

Joko menyelesaikan kuliah sarjana Strata-1 di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret dan meraih magister hukum bisnis dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung.

Saat ini dia sudah mengembangkan sebanyak 35 proyek properti dari mulai perumahan subsidi, menengah hingga menengah atas.

Proyeknya tersebar di 13 kabupaten/kota di Jawa Barat dan di Sumatera Barat. Bahkan, kini bisnisnya merambah pula ke sektor lain seperti bidang perhotelan/resort dan keuangan.

Baca juga : PB Semmi Majelis Penyelamat Periode 2023-2026 Resmi Dilantik

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPP REI periode 2023-2027 Raymond Ardan Arfandy adalah sosok pengusaha properti dan konstruksi sukses asal Sulawesi Selatan.

Dia lahir di Makassar, 20 November 1970. Ayah tiga orang anak ini adalah seorang insinyur lulusan Universitas Kristen Petra Surabaya.

Saat ini, Direktur PT Shealka Bangun Property, Komisaris PT Nirwana Hotel Jakarta dan Komisaris Clarion Hotel & Suites Makassar tersebut menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP REI dan Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sulawesi Selatan.

Memiliki background sebagai pengusaha konstruksi, Raymond mulai aktif di REI sejak 2007.

Saat ini dia sudah membangun beberapa proyek properti dengan beragam jenis dari perumahan komersial, perumahan bersubsidi, perhotelan dan restoran.

Baca juga : Ana Mulyana Resmi Lantik PB HMI MPO Periode 2023-2025

"Saat ini mayoritas proyek properti saya memang ada di Sulawesi Selatan. Tapi saat ini saya sedang jajaki ekspansi proyek ke Bogor (Jawa Barat) dan Jakarta," ujarnya.

Ketua Umum DPP REI periode 2019-2023 Paulus Totok Lusida menyampaikan, selamat bekerja kepada pengurus yang baru terpilih.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada semua panitia Munas REI ke-XVII.

"Sungguh menjadi sebuah kehormatan bagi saya menjadi bagian dari REI. Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak. Ini merupakan perjalanan yang menyenangkan bagi kita, karena memang kondisi industri properti kurang bagus, karena pandemi Covid-19," ujar Totok.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.