Dark/Light Mode

Masuk Fortune Global 500

Pertamina Kukuhkan Diri Berkelas Dunia

Jumat, 11 Agustus 2023 07:25 WIB
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (Foto: dok. Pertamina)
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (Foto: dok. Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) mengokohkan diri sebagai perusahaan kelas dunia. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar Fortune Global 500 tahun 2023.

Tahun ini Pertamina berada di peringkat ke-141, alias naik 82 peringkat dibanding tahun 2022 yang berada di posisi ke-223. Pertamina bahkan berhasil melonjak 146 peringkat diband­ing tahun 2021 yang berada di posisi ke-287.

Peningkatan peringkat ini sejalan dengan keberhasilan Per­tamina membukukan laba bersih tertinggi sepanjang berdirinya perseroan.

Baca juga : Paloh Nebak-nebak Perasaan Airlangga

Pertamina membukukan laba bersih 3,81 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 56,6 triliun, naik 86 persen dibanding tahun 2021 sebesar 2,05 miliar dolar AS atau sebesar Rp 29,3 triliun.

Pendapatan Pertamina juga melejit mencapai 84,89 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1.262 triliun, atau naik hingga 48 pers­en dibanding tahun sebelumnya sebesar 57,5 miliar dolar AS.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, apa yang dicapai perusahaan merupakan buah dari kian ko­kohnya pondasi perusahaan pasca restrukturisasi pembentu­kan Holding Subholding, seh­ingga semua lini bisnis memberi­kan kontribusi bagi perseroan. Pertamina pun semakin mengu­kuhkan diri sebagai perusahaan energi kelas dunia.

Baca juga : YLKI Soroti Batalnya Pengenaan Cukai Minuman Berpemanis

Pertamina terus menguatkan tekadnya untuk mengejar aspirasi pemegang saham menjadi peru­sahaan energi berkelas dunia.

“Capaian ini sejalan dengan target perusahaan pasca trans­formasi bisnis dan organisasi,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (10/8).

Nicke menambahkan, kinerja positif perusahaan tak lepas dari dukungan seluruh pemangku kepentingan, termasuk Pemerintah yang mendukung Pertamina untuk menjadi perusahaan kelas dunia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.