Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Toyota Luncurkan All New Alphard Hybrid Di GIIAS

Jumat, 11 Agustus 2023 07:52 WIB
Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Ueda kanan dan Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto kiri mengapit Toyota All New Alphard Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang ditampilkan di booth Toyota, di sela acara pembukaan GIIAS 2023 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang Banten, Rabu (10/8). (Foto: Ist)
Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Ueda kanan dan Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto kiri mengapit Toyota All New Alphard Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang ditampilkan di booth Toyota, di sela acara pembukaan GIIAS 2023 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang Banten, Rabu (10/8). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan All New Alphard di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. All New Alphard memiliki opsi Hybrid Electric Vehicle (HEV) sebagai bentuk dukungan pengurangan emisi.

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda mengatakan, Toyota Alphard telah menjadi pemimpin pasar di kelasnya sejak datang ke Indonesia di tahun 2008 sampai kini. Pengalaman melayani pelanggan selama 15 tahun, membuat Premium Luxury MPV ini terus menjalani continuous improvement sehingga dicintai dan dihargai oleh banyak orang.

“Sekarang, All New Alphard hadir dengan penampilan yang lebih bermartabat dan canggih, memberikan hospitality dan kemewahan sejak pelanggan masuk ke dalam mobil, terintegrasi dengan teknologi elektrifikasi untuk menjamin mobilitas paripurna yang ramah lingkungan, dan lebih aman berkat teknologi Toyota Safety Sense dan pembaruan telematika T Intouch,” ujarnya di GIIAS, ICE BSD, Tangerang, Kamis (10/8).

Toyota Alphard mendominasi segmen Premium Luxury MPV di Indonesia. Pada tahun 2022 lalu market share-nya mencapai 85 persen. Toyota berkomitmen untuk terus menghadirkan Mobility for All yang sesuai kebutuhan pelanggan, sekaligus melengkapi line-up kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota pada segmen kendaraan mewah untuk memperluas jangkauan carbon neutral mobility di masyarakat.

All New Alphard memperoleh begitu banyak sentuhan inovasi, sehingga tidak hanya memberikan kenyamanan berkendara terbaik, MPV ini juga memperkuat positioning-nya di segmen luxury vehicle yang sangat eksklusif. Sebagai benchmark, All New Alphard ditargetkan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman berkendara yang high quality setara Premium Luxury Sedan, bahkan melampauinya dengan meningkatkan value yang hanya dimiliki oleh MPV mewah.

Mengusung tema ‘The Joy of Comfortable Mobility’ menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), target pengurangan noise vibration harsh (NVH) yang tinggi merupakan mandatory untuk menjamin kualitas berkendara terbaik di kelasnya. All New Alphard menggunakan ban low noise dan menambah bahan peredam suara di kap mesin untuk mengurangi noise.

Baca juga : Kurangi Emisi, Toyota Pamer Mobil Listrik Dan Hybrid Di GIIAS

Toyota juga mengoptimalkan bentuk kap mesin, kaca spion, dan pilar A, serta penambahan sirip di beberapa sudut supaya angin dapat mengalir dengan smooth. Dengan menekan kebisingan sebaik mungkin dan menetapkan frekuensi gelombang suara yang seimbang, interior MPV ini menjanjikan ketenangan yang luar biasa.

Gerakan naik-turun yang terjadi pada roda depan dan belakang ketika melewati jalan pegunungan, ditekan dengan Body Pitching Control sehingga gerakan mobil lebih tenang dan halus. Sementara terpaan angin kencang dari samping mobil (crosswind) yang dapat mendorongnya hingga pindah lajur, diatasi oleh fitur S-VSC (Side-Vehicle Stability Control) dengan mengaplikasikan rem depan-belakang dengan tekanan yang berbeda di sisi yang mendapatkan tekanan dari crosswind.

“Salah satu daya tarik utama Toyota Alphard sejak pertama hadir adalah desain luar yang terbilang atraktif untuk sebuah Big MPV. Desain mengotak tidak membuatnya kehilangan kharisma, malah mempertegas status sosial pemiliknya,” ujar jelas Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Dimensi Premium Luxury MPV ini ikut berubah. Panjangnya mencapai 5.010 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.945 mm, dan wheelbase 3.000 mm. Artinya, All New Alphard lebih panjang 50 mm dan lebih rendah 10 mm dari pendahulunya untuk meningkatkan kestabilan manuver dan kabin yang lebih spacious.

Jarak sandaran seluruh baris bangku kini 2.205 mm dari sebelumnya 2.195 mm, sehingga menambah ruang kaki penumpang, di mana jarak sandaran bangku baris ke-1 dan ke-2 mencapai 1.315 mm dari sebelumnya 1.310 mm. Bangku tengah dapat digeser sejauh 500 mm untuk memberikan kebebasan mengatur posisi duduk penumpang. Celah antara executive power seat kiri dan kanan juga ditingkatkan menjadi 175 mm untuk memudahkan akses ke bangku belakang.

Konsep Hospitality diperlihatkan oleh beberapa sentuhan yang memberikan pengalaman berkesan, mulai dari masuk-keluar kendaraan hingga dalam perjalanan sendiri. Toyota berkomitmen untuk mengembangkan berbagai fitur yang menghadirkan keramahan dan kenyamanan, seperti Universal Steps di kedua pintu geser kanan dan kiri yang memudahkan akses anak kecil dan orang tua.

Baca juga : HUT Ke- 18, Mothercare Luncurkan Stroller Di Momen Pekan ASI

Saat pintu terbuka, sebuah footstep keluar sekitar 220 mm di atas tanah, memberikan pijakan pertama yang lebih rendah dari lantai mobil untuk masuk dan keluar penumpang. Long assist grips dirancang agar mudah dipegang oleh penumpang segala usia, yang juga ditempatkan di pilar C dan di kedua sisi atap untuk memastikan pergerakan penumpang yang effortless.

Pelanggan yang duduk di bangku tengah dan belakang All New Alphard menginginkan atmosfir kabin yang teduh, tenang, dan memberikan peace of mind. Ceiling storage dipasang memanjang di tengah dari bangku baris ke-2 ke belakang, ditambah kehadiran 14 inch Rear Seat Entertainment (RSE) untuk masing-masing baris bangku dan lighting system yang mengelilingi ceiling storage dan bisa diatur sesuai mood penumpang.

Uniknya, moon roof juga dipasang memanjang ke belakang di sisi kiri-kanan ceiling storage yang memberikan kebebasan kepada masing-masing penumpang untuk menikmati pemandangan langit atau menutupnya supaya dapat beristirahat dengan tenang. Semakin private dan nyaman, power sunshade dipasang di dalam frame kaca samping yang rapi, memungkinkan penumpang untuk mengurangi panas sinar matahari sambil tetap menikmati pemandangan keluar.

All New Alphard menjadikan kenyamanan bangku tengah sebagai prioritas pengembangan, sehingga kendaraan dapat digunakan sebagai super-luxury mobile office atau private room yang sangat nyaman. Dengan perhatian pada detail yang outstanding, jok didesain ulang untuk memenuhi kebutuhan di atas. Kemudian dilakukan pembenahan, seperti memasang penyangga cushion frame di alas bangku, Low Repulsion Foam Pad pada sandaran, dan anti-vibration rubber bush supaya getaran dan noise tidak diteruskan ke tubuh penumpang.

All New Alphard yang diluncurkan di GIIAS 2023 memiliki 4 pilihan tipe. Mulai dari basic model 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HV.

Panel instrumen di balik kemudi berukuran 12.3 inch Full TFT dan Head Up Display (HUD) di atasnya, 14 inch High Grade Audio Monitor di tengah dashboard, wireless charger, dan Electrostatic Switch di kemudi ada pada semua tipe. Fitur kenyamanan lainnya adalah Power Back Door with Voice Command dan Digital Video Recorder sebagai dashboard camera yang dapat terintegrasi dengan smartphone.

Baca juga : Kemenko Marves Luncurkan Aplikasi PESAN, Apa Sih Kegunaannya?

Tipe 2.5 HV mendapatkan paddle shift, Detachable Smartphone-like Remote Control, natural leather seat, dan seat massage. Sedangkan, tipe 2.5 G dan 2.5 HV disematkan Captain Seat with Large Headrest and Electric Power, di mana jok tipe 2.5 G dibungkus synthetic leather.

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) menargetkan untuk memasarkan setidaknya 30 persen kendaraan elektrifikasi (xEV) dalam produknya di 2030," ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Menurut dia, strategi Multi Pathway dijalankan untuk melengkapi jajaran carbon neutral vehicle Toyota, salah satunya adalah All New Alphard 2.5 HV yang menggunakan hybrid engine berkode A25A-FXS 2.487 cc 4-silinder bertenaga 140 kW pada 6.000 rpm dan torsi 239 Nm pada 4.300–4.500 rpm. Mesin ini menggunakan teknologi yang mereduksi ukuran dan berat serta ditingkatkan efisiensinya, sehingga powerful dan hemat bensin, yang kemudian disalurkan lewat transmisi CVT yang smooth dan responsif ke roda depan.

Tipe 2.5 X dan 2.5 G dilengkapi gasoline engine berkode 2AR-FE 2.494 cc 4-silinder bertenaga 134 kW pada 6.000 rpm dan torsi 235 Nm pada 4.100 rpm yang juga diteruskan oleh transmisi CVT ke roda depan. Hanya ada 2 pilihan warna All New Alphard, yakni Platinum White Pearl dan Black. Sedangkan untuk interior, tersedia pilihan warna Black untuk di seluruh tipe.

Active Safety Package Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 hadir sebagai bentuk perlindungan kepada pengemudi dan membantu mencegah kecelakaan sedini mungkin. Pre Collision System (PCS) mencegah mobil menabrak dari belakang, Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan di jalan tol.

Lalu Lane Departure Assist (LDA) mencegah mobil secara tidak sengaja meninggalkan lajurnya, Lane Tracing Assist (LTA) membantu mobil supaya tetap berada di tengah lajurnya, Adaptive High Beam (AHB) akan menyalakan lampu jauh (high beam) secara otomatis dan beradaptasi saat ada kendaraan lain di depan di malam hari, dan yang paling baru Driver Monitoring System (DMS) untuk menjaga kewaspadaan pengemudi dari risiko mengantuk saat mengemudi mobil.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.