Dark/Light Mode

Hati-hati Tetapkan Tarif

Calon Penumpang Lagi Ngitung Kocek Naik LRT

Sabtu, 12 Agustus 2023 07:25 WIB
Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga. (Foto: Antara)
Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“LRT optimistis bisa segera beroperasi. Yang kurang-kurang masih bisa dituntaskan,” katanya.

Terpisah, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya terus melaku­kan persiapan di berbagai sisi.

Termasuk pelaksanaan pengujian untuk memastikan inte­grasi antara sistem, persinyalan, kelistrikan, prasarana, kereta dan komponen pendukung lainnya berjalan dengan baik.

Baca juga : ESDM Terbitkan Tarif Pengisian Listrik SPKLU

Didiek menjelaskan, sehu­bungan dengan kompleksitas pengujian, maka diperlukan penyesuaian dan percobaan secara continue.

“Sehingga mencapai kondisi optimal untuk menjamin aspek keselamatan dan kenyamanan penumpang,” ujar Didiek seusai uji coba LRT Jabodebek, Kamis (10/8).

Mengingat seluruh operasi LRT Jabodebek dilakukan secara otomatis tanpa masinis. Yaitu menggunakan sistem Commu­nication-Based Train Con­trol (CBTC), dengan Grade of Automation (GoA) level 3.

Baca juga : Bupati Taput Resmikan Jembatan Gantung Soekarno

“Sistem yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia ini, terus kami lakukan penyem­purnaannya agar saat melayani pelanggan dapat beroperasi dengan lancar, selamat dan nyaman,” katanya.

Pihaknya berterima kasih ke­pada semua pihak yang telah men­dukung proyek LRT Jabodebek yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) Pemerintah.

Ia meminta dukungan seluruh kalangan masyarakat, agar mau beralih dari kendaraan pribadi ke LRT saat beroperasi nanti.

Baca juga : Teknologi IVUS Bantu Diagnosis Dan Penanganan Penyakit Jantung Koroner

“Karena ini bisa berkontribusi terhadap pengurangan kemacetan di Ibu Kota,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, proyek LRT Jabodebek diker­jakan oleh anak bangsa. Dan pihaknya menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.