Dark/Light Mode

HUT Ke-78 RI, Kementerian BUMN dan Pertamina Gelar Bazaar UMKM

Sabtu, 12 Agustus 2023 20:22 WIB
Bazaar UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang digelar di Gedung Sarinah, Jakarta 11 – 14 Agustus 2023. (Foto: Dok. Pertamina)
Bazaar UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang digelar di Gedung Sarinah, Jakarta 11 – 14 Agustus 2023. (Foto: Dok. Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan RI, Kementerian BUMN dan PT Pertamina (Persero) menggelar Bazaar UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Gedung Sarinah, Jakarta pada 11 – 14 Agustus 2023.

Bazaar UMKM ini digelar untuk memperluas pangsa pasar UMKM dan menggerakkan perekonomian berbasis masyarakat.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan Bazaar UMKM untuk Indonesia ini merupakan komitmen dan dukungan Kementerian BUMN dalam pemberdayaan UMKM daerah.

Fadjar menambahkan bazaar ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi kesempatan para pelaku UMKM untuk menjual ragam produk yang inovatif dan khas.

“Kami mengapresiasi acara ini, karena dapat memperluas pasar UMKM untuk menembus konsumen yang lebih luas, " ujar Fadjar dalam keterangannya, Sabtu (12/8).

Baca juga : Ganjaran Buruh Berjuang Gelar Festival UMKM Se-Tegal Raya

Selain bazaar semacam ini, Fadjar menjelaskan Pertamina proaktif mengikutkan para UMKM binaan kami dalam pameran-pameran UMKM skala internasional.

Kegiatan Bazaar UMKM ini diselenggarakan Kementerian BUMN setiap bulan, sejak Januari 2023.

Acara ini diikuti UMKM binaan perusahaan BUMN, secara bergiliran sepanjang tahun 2023. Pada bulan Agustus 2023, saatnya Pertamina dan PT Angkasa Pura II menghadirkan UMKM binaannya.

Hadir pada Pembukaan Bazaar UMKM Pertamina dan Angkasa Pura II, di Sarinah Jakarta, Sabtu (12/8) ini Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting, Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin.

Hadir pula Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud, serta Vice President CSR & SMEPP Program Pertamina Fajriyah Usman. Selain itu, juga jajaran direksi BUMN-BUMN.

Baca juga : HUT ke-61, HIN Komit Beri Layanan Pariwisata Dan Perhotelan Berkelas Dunia

“Pameran ini sebagai upaya Kementerian BUMN dan BUMN untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, melalui pertumbuhan ekonomi dari sektor riil yang didukung oleh UMKM,” tambah Fadjar.

Dalam Bazaar UMKM spesial Hari Kemerdekaan, Pertamina menghadirkan 62 UMKM binaan Pertamina, Rumah BUMN Pertamina dan Pertamina Foundation yang terdiri dari produk fashion, craft, F&B, dan beauty.

“Mereka hadir dengan membawa produk-produk unggulan yang mengusung kearifan lokal wilayahnya. Kekayaan dan keberagaman budaya Indonesia tertuang dalam produk kreatif yang dihasilkan para UMKM,” ujar Fadjar.

Ia menambahkan, Pertamina terus mendorong dan memfasilitasi para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk-produknya melalui berbagai pameran baik di dalam maupun luar negeri.

Menurutnya, UMKM merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Pertamina untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi.

Baca juga : Ramaikan HUT ke-78 RI, BNI Dukung Kegiatan Istana Berkebaya

"Hal ini merupakan salah satu upaya Pertamina menjadi perusahaan berkelanjutan, sehingga kiprahnya dapat bermanfaat bagi masyarakat," pungkas Fadjar.

Untuk diketahui, Pertamina sebagai satu-satunya perusahaan nasional yang masuk dalam jajaran 500 perusahaan terbaik di dunia versi Fortune Global 500.

Tahun ini Pertamina berada di peringkat #141 naik 82 peringkat dibanding tahun 2022 yang berada di posisi #223.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.