Dark/Light Mode

Pengamat: Alasan PSI Dukung Prabowo Karena Tegak Lurus Ke Jokowi

Sabtu, 5 Agustus 2023 13:11 WIB
Logo PSI. (Foto: Ist)
Logo PSI. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sinyal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendukung pencapresan Prabowo Subianto semakin terlihat. Hal ini ditandai usai pertemuan antara elite PSI dengan Prabowo beberapa waktu lalu.

Pengamat Politik Citra Institute, Efriza, menilai, sikap politik PSI yang terlihat mendukung menteri pertahanan itu tak berbeda dari gestur Jokowi yang juga mengendorse sang menteri pertahanan.

"Sikap PSI yang tegak lurus bersama Jokowi, yang turut memperhitungkan Prabowo, mengindikasikan Prabowo bukan sekadar di endorse oleh Jokowi, tetapi memang Jokowi memilih sikap sebagai pemimpin negeri saat ini, lebih percaya kepada Prabowo," kata Efriza kepada wartawan, Sabtu (5/8).

"Jokowi menunjukkan ia mengutamakan kepentingan, keputusan, dan kebijakan pemerintah yang diutamakan untuk dilanjutkan, dan orang yang cocok adalah Prabowo," sambungnya.

Baca juga : Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo Terus Meroket

Efriza menyebut, sebagai partai yang loyal kepada Joko Widodo (Jokowi), PSI melihat bahwa sosok Prabowo berkomitmen melanjutkan program Jokowi.

"PSI yang memang loyal kepada Jokowi, juga melihat realitas bahwa Prabowo komitmen akan melanjutkan Program Jokowi," ucapnya.

Efriza menuturkan, kedatangan Prabowo ke markas DPP PSI juga sebagai bentuk penghormatan Prabowo terhadap PSI meski sebagai partai non-parlemen. Terlebih, Partai Gerindra dan PSI sama-sama berada di pemerintahan. 

Dia menilai, Prabowo tampak sekali mendapatkan dukungan dari bagian perahu besar relawan Jokowi. Dia juga terlihat didukung oleh Jokowi sebagai penguasa politik saat ini. 

Baca juga : SPIN: Elektabilitas Kokoh Di Puncak, Prabowo Kerek Kepuasan Pemerintahan Jokowi

"Prabowo juga ingin merangkul partai-partai di Pemerintah yang loyal kepada Jokowi. Ini menunjukkan sikap Prabowo yang ingin menunjukkan apresiasi terhadap pemerintahan sekarang ini," pungkasnya.

Prabowo Ajak PSI Koalisi

Sebagai informasi, Prabowo Subianto menyambangi kantor DPP PSI, Tanah Abang, Jakarta, Rabu (2/8). Dia mengakui jika mengajak PSI untuk berkoalisi di Pilpres 2024.

"Oh iya, kita tentunya ingin mengajak semua kekuatan merah putih, semua kekuatan Indonesia untuk bekerjasama," ujar Prabowo dalam jumpa pers.

Baca juga : Andi Gani: Kebablasan! Rocky Gerung Hina Presiden Jokowi


Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengaku partainya sudah memantapkan arah pilihan pencalonan presiden di Pemilu 2024.

“Tokoh yang kami kagumi adalah Pak Jokowi, kami ingin melihat keberlanjutan Pak Jokowi dan kalau temen-teman tanya apakah sudah mengerucut ke mana? PSI siap bergerak sesuai arahan Pak Jokowi,” ujar dia.

Namun, Grace Natalie mengatakan PSI masih menunggu arahan Presiden Joko Widodo. "PSI tegak lurus Pak Jokowi. Bukan manut apa saja kata Pak Jokowi, dalam kata ngebebek itu enggak," katanya.

“Tapi akhir-akhir ini sudah makin terlihat arah tanda-tandanya,” lanjut Grace sambil melirik Prabowo yang berada di sebelahnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.