Dark/Light Mode

Bank Danamon Dukung Program Kewirausahaan Di Ponpes Fadhlul Fadhlan Semarang

Kamis, 17 Agustus 2023 14:40 WIB
Program Danamon Peduli memberikan perhatian khusus terhadap isu pendidikan. (Foto: Dok. Bank Danamon).
Program Danamon Peduli memberikan perhatian khusus terhadap isu pendidikan. (Foto: Dok. Bank Danamon).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) melalui program Danamon Peduli, aktif mengampanyekan inisiatif penurunan kadar emisi karbon, juga memberikan perhatian khusus terhadap isu pendidikan.

Dalam rangkaian kegiatan Peduli Lingkungan 2023, Danamon Regional Jawa Tengah mendonasikan 67 kambing ternak sebagai dukungan Program Kewirausahaan Berbasis Pendidikan yang dirintis Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang.

Direktur Syariah & Sustainability Finance Bank Danamon Indonesia Herry Hykmanto mengatakan, pihaknya percaya bahwa literasi keuangan dan kewirausahaan merupakan inisiatif yang sangat penting dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.

Baca juga : Dukung Pemerintah, BNI Gelar Program Pencegahan Dan Pengentasan Stunting Balita

Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kewirausahaan kepada para santri dengan pendekatan pendidikan yang komprehensif.

“Kami berharap bahwa program ini tidak hanya membantu para santri untuk menjadi wirausahawan yang sukses, tetapi juga meningkatkan kemandirian mereka dan memberikan kontribusi positif pada perekonomian lokal dan juga nasional,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (17/8).

Mengutip Jurnal Pengabdi Oktober 2022, setidaknya ada 16 juta pengangguran terbuka berstatus lulusan SMA sederajat di Indonesia.

Baca juga : Udara Semakin Buruk, DPR Dukung Program WFH Kembali Diterapkan

Angka tersebut naik menjadi 26,64 juta jiwa pada 2020. Karena itu, pendidikan kecakapan hidup seperti kewirausahaan menjadi penting untuk diberikan kepada siswa untuk mengasah kemampuan siswa dalam menilai peluang dan mewujudkan gagasan-gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif.

Dikatakan Herry, pada dasarnya, pendidikan kewirausahaan dapat diimplementasikan secara terpadu dengan kegiatan-kegiatan pendidikan di sekolah.

Pondok Pesantren Fadhlu Fadhlan telah memulainya dengan mengembangkan budidaya maggot, sayuran, ikan bawal dan nila, serta pembibitan kurma.

Baca juga : Dapat Dukungan Dari Golkar Dan PAN, Fahri Hamzah Ucapkan Selamat Kepada Prabowo

Budidaya kambing ternak menjadi milestone terbaru untuk perluasan pengembangan pendidikan ini agar berkelanjutan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.