Dark/Light Mode

Puncak Pekan QRIS Nasional 2023

BI DKI Ajak Seluruh Pihak Berkolaborasi Tingkatkan Transaksi Digital

Minggu, 20 Agustus 2023 18:48 WIB
Festival Kuliner Nusantara di Lippo Mall Puri, QRIS Experience di Area PIK Pantjoran,  Showcase  QRIS Experience Digitalisasi Integrasi Moda Transportasi Jakarta pada penyelenggaraan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia FERBI 2023 dan Pencanangan QRIS pada puncak acara PQN 2023 di Lippo Mall Puri, Minggu (20/8). (Foto: Ist) 
Festival Kuliner Nusantara di Lippo Mall Puri, QRIS Experience di Area PIK Pantjoran,  Showcase QRIS Experience Digitalisasi Integrasi Moda Transportasi Jakarta pada penyelenggaraan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia FERBI 2023 dan Pencanangan QRIS pada puncak acara PQN 2023 di Lippo Mall Puri, Minggu (20/8). (Foto: Ist) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) terus berupaya meningkatkan awareness dan akseptasi digitalisasi pembayaran, antara lain Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Di HUT RI ke-78 ini, BI menggelar “Pekan QRIS Nasional (PQN) 2023” yang dilaksanakan serentak oleh 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia pada 14-20 Agustus 2023. 

Kegiatan yang melibatkan partisipasi dan kolaborasi dengan stakeholders ini diisi dengan berbagai macam kegiatan. Di antaranya, sosialisasi dan edukasi QRIS, onboarding user dan merchant QRIS, showcase QRIS, hiburan dan perlombaan.

Kantor Perwakilan (KPw) BI Provinsi DKI Jakarta turut andil dalam kegiatan dengan tema “Wujudkan Semangat 45! QRISnya Satu, Menangnya banyak! dan tagline #NyookPakeQRIS”. KPw BI Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) dan stakeholders terkait menyelenggarakan berbagai macam kegiatan. 

Baca juga : Ganjaran Buruh Berjuang Adakan Turnamen Bola Voli Di Subang

Yakni, Festival Kuliner Nusantara di Lippo Mall Puri, QRIS Experience di Area PIK Pantjoran,  Showcase & QRIS Experience Digitalisasi Integrasi Moda Transportasi Jakarta pada penyelenggaraan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 dan Pencanangan QRIS pada puncak acara PQN 2023 di Lippo Mall Puri, Minggu (20/8). 

Kepala KPw BI DKI Jakarta, Arlyana Abubakar, menyampaikan 3 pesan penting dalam kegiatan tersebut. Pertama, pentingnya sinergi dan kolaborasi untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi dan menjaga pengendalian inflasi di Jakarta. Di antaranya, dengan menjaga stabilitas harga, mendorong kinerja investasi, mendorong digitalisasi UMKM dan elektronifikasi transaksi Pemerintah Daerah. 

Kedua, akselerasi integrasi ekonomi keuangan digital dan percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui Implementasi program Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 (BSPI 2025). Ketiga, penyelenggaraan event-event yang masif. “Seperti PQN 2023 dan peluncuran fitur QRIS TUNTAS (Tarik Tunai, Transfer dan Setor Tunai), yang berpotensi meningkatkan pemahaman masyarakat, jumlah pengguna dan jumlah transaksi QRIS di DKI Jakarta,” kata Arlyana.

Baca juga : BI DKI Gelar Festival Kuliner Di Lippo Mall Puri

Arlyana menyebut, QRIS sebagai kanal pembayaran digital berpotensi besar membawa UMKM masuk ke ekosistem digital Indonesia yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya saing UMKM dan memperkuat perekonomian nasional. Melalui percepatan akseptasi digitalisasi pembayaran, dia berharap seluruh pihak terus berkolaborasi meningkatkan pembayaran transaksi secara digital sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Barat, Imron, menuturkan, pihaknya mengapresiasi acara PQN 2023 yang digelar di wilayahnya. Pemkot Jakarta Barat. lanjut dia, juga mendukung QRIS sebagai kanal pembayaran bagi pelaku UMKM melalui program pemberdayaan UMKM Jakpreneur. 

“Pada 2023 telah terselenggara 58 kegiatan bazar dengan total peserta 1.826 orang di tingkat kota dan kecamatan wilayah Jakarta Barat, dengan QRIS sebagai kanal pembayarannya,” ujarnya.

Baca juga : Kiai Muda Ganjar Perkuat Beri Edukasi Pembibitan Tanaman Buah Di Nganjuk

Selain Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat, puncak acara PQN 2023 ini dihadiri Anggota Komisi XI DPR RI, Pimpinan Kantor Perwakilan OJK Jakarta & Banten, Pimpinan BUMD, Penyedia Jasa Pembayaran Bank dan Non Bank serta ketua Asosiasi dan Himpunan Pengusaha Ritel dan Sistem Pembayaran Indonesia. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.