Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar Creasi Berkomitmen Tingkatkan Generasi Muda Di Malang Melek Digital

Minggu, 16 Juli 2023 09:40 WIB
Ganjar Creasi mengadakan program Pelatihan Desain Grafis untuk Generasi Muda Melek Digit, di Warung Kopi Tani, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (15/7). (Foto: Ist)
Ganjar Creasi mengadakan program Pelatihan Desain Grafis untuk Generasi Muda Melek Digit, di Warung Kopi Tani, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (15/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka meningkatkan literasi digital, Generasi Alumni Muda UB, ITS, Unair atau yang sering di sebut Ganjar Creasi, melakukan program Pelatihan Desain Grafis untuk Generasi Muda Melek Digit, di Warung Kopi Tani, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (15/7).

Pada program pelatihan tersebut turut serta hadir puluhan mahasiswa yang sekaligus praktisi UMKM yang berkecimpung di bisnis online. Hadir pula sebagai narasumber, seorang Praktisi Desain Grafis Fikri Muhammad memberikan materi dalam pelatihan tersebut.

"Kebanyakan generasi muda sekarang kan butuh meningkatkan kemampuan digitalnya, salah satunya yaitu desain grafis karena sangat diperlukan ketika mengerjakan tugas atau bahkan mereka yang sudah memulai untuk berjualan online," ujar Koordinator Wilayah Ganjar Creasi Jawa Timur Ilham Hasan.

Dia menjelaskan agar para peserta bisa menimba ilmu dan mengasah keterampilan sesuai bidang keahlian yang diajarkan, dan berlatih semaksimal mungkin baik secara teori maupun praktik.

Baca juga : Sahabat Ganjar Gelar Kegiatan Berdaya Dan Berbudaya Di Pemalang

Ilmu dan keterampilan yang didapat  akan bermanfaat di kemudian hari, termasuk agar bisa berwirausaha atau menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

"Langkah awalnya supaya mereka bisa memahami dasar-dasar dari desain, kemudian bisa dipraktekkan di dalam kehidupan sehari-hari seperti berjualan online karena kan sekarang jamannya sudah harus melek digital," lanjut Ilham.

Ilham mengaku peserta merespon bagus acara tersebut. Sebab, menurut Ilham, peserta yang datang atas dasar kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan yang dimilikinya.

"Bagus responsnya karena ini kegiatan gratis dan rata-rata yang datang karena kebutuhan, sekaligus memberikan dukungan juga sama Pak Ganjar Pranowo," kata Ilham.

Baca juga : Nelayan Ganjar Edukasi Alat Tangkap Ramah Lingkungan Kepada Nelayan Di Makassar

Ilham berharap mereka yang hadir dapat menggunakan ilmu desain grafis di dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam keperluan tugas atau pun memasarkan usahanya.

"Semoga ini bermanfaat dan mereka bisa mengaplikasikannya di kehidupan yang nyata," pungkas Ilham.

Sementara, Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Gilang merespon bagus diselenggarakan kegiatan tersebut. Menurut Gilang, dirinya ingin memperdalam kemampuan desainnya beserta aplikasi yang digunakan untuk memudahkan proses desainnya.

"Saya ingin belajar, memperdalam ilmu desain dan aplikasi yang digunakan itu apa aja biasanya karena akan saya pake untuk kegiatan tugas maupun organisasi," jawab Gilang.

Baca juga : Ganjar Buka Layanan Aduan Pungli Sekolah Dan Tegaskan Sekolah Negeri Di Jateng Gratis 

Gilang berharap kegiatan pelatihan tersebut tidak hanya sekali dilakukan. Sebab, lanjut Gilang, butuh beberapa kali latihan hingga peserta bisa mahir dalam desain grafis.

"Harapannya sih semoga ada terus untuk pelatihannya karena satu kali saja kan tidak cukup, supaya saya dan teman-teman di sini semakin mahir dan terampil," pungkas Gilang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.