Dark/Light Mode

Terapkan Enam Jurus Jitu

Nixon Siap Sulap BTN Menjadi Bank Modern

Senin, 21 Agustus 2023 07:25 WIB
Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu (kedua kiri) bersama Direktur Consumer Hirwandi Gafar (kiri), Direktur IT  Digital Andi Nirwoto (kedua kanan) dan Direktur Risk Management and Transformation Setiyo Wibowo berpose usai menyampaikan materi di Focus Group Discussion (FGD) bertajuk BTN Menuju Bank Modern Dan Kekinian di Malang,Jawa Timur, Sabtu (19/8). (Foto: Dok. Humas BTN)
Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu (kedua kiri) bersama Direktur Consumer Hirwandi Gafar (kiri), Direktur IT Digital Andi Nirwoto (kedua kanan) dan Direktur Risk Management and Transformation Setiyo Wibowo berpose usai menyampaikan materi di Focus Group Discussion (FGD) bertajuk BTN Menuju Bank Modern Dan Kekinian di Malang,Jawa Timur, Sabtu (19/8). (Foto: Dok. Humas BTN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN bertekad menjadi bank modern dan kekinian demi mengikuti perkembangan zaman. Untuk itu, perseroan bakal menerapkan enam jurus jitu untuk mewujudkannya.

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu membeberkan enam jurus tersebut. Meliputi sentralisasi proses kredit kon­sumer dan komersial, sentralisa­si proses operasional ke wilayah dan kantor pusat, optimalisasi Kantor Cabang Pembantu (KCP) yang tidak produktif.

Kemudian, implementasi sales center yang fokus pada pen­jualan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) emerging afflu ent, im­plementasi KCP UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) serta implementasi pengembangan BTN Mobile dan Digital Mort­gage Ecosystem.

Baca juga : Mantan Dirut BAKTI Sering Main Proyek

“Salah satu transformasi terbe­sar yang sukses dijalankan, yakni menyulap fungsi kantor cabang menjadi lebih fokus kepada bisnis daripada kegiatan operasional,” ujar Nixon dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di Malang, Jawa Timur, Sabtu (19/8).

Nixon lalu mengisahkan pengalamannya mengantar anak sekolah ke Australia. Saat hen­dak membuat rekening di Negeri Kanguru tersebut, dia takjub dengan apa yang dialami.

Saat masuk ke salah satu kan­tor cabang bank di salah satu mall, Nixon heran karena tidak ada sama sekali pegawai yang melayani calon nasabah.

Baca juga : Gerakan Passeddingeng Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Gula Aren di Bone

“Semua dilakukan sendiri, seperti mengisi berkas dan lain­nya. Hanya ada satu pegawai bank, yang tugasnya untuk memverifikasi data calon nasabah. Suatu saat BTN harus seperti ini,” tekadnya.

Karena itu, BTN gencar melakukan substitusi layanan ke digital channel dengan menu­tup outlet dan KCP yang dinilai tidak produktif.

Sejak 2019, BTN menutup 157 outlet dan KCP tidak produktif, dari semula berjumlah 769 jumlah outlet dan KCP menjadi hanya 612 outlet dan KCP.

Baca juga : Ganjar Ajak Masyarakat Sulap Sampah Jadi Harang Komoditas

“Branch transformation telah kami implementasikan sejak April 2022. Dan telah menun­jukkan hasil yang maksimal pada produktivitas dan efisiensi BTN,” kata Nixon.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.