Dark/Light Mode

Perkuat Ekosistem Ekonomi Syariah, PT Pos Indonesia Luncurkan Pospay Gold

Rabu, 23 Agustus 2023 17:32 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pos Indonesia (Persero) menggelar Seminar Ekonomi Syariah bertajuk Penguatan Pengembangan Ekosistem Digital Ekonomi Syariah pada Rabu (23/8).

Diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim paling banyak.

Selain itu, Indonesia juga memiliki institusi keuangan syariah terbanyak di dunia.

Melansir dari data yang disampaikan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada mei 2023, Indonesia memiliki sekitar 86,7 persen atau 237 juta jiwa dan jumlah institusi keuangan syariah terbanyak di dunia.

Baca juga : BUMN Dominasi 5 Besar Fortune Indonesia 100, Erick Acungkan Jempol

Wakil Presiden (Wapres) Indonesia, K.H. Maruf Amin mengatakan, perkembangan ekonomi syariah di masa kini tumbuh dengan sangat cepat.

Hal ini perlu diiringi dengan peningkatan literasi untuk memperkuat pengetahuan masyarakat mengenai ekonomi syariah.

"Kali ini PT Pos Indonesia (Persero) dengan Bursa Komoditi bersinergi dalam rangka penguatan pengembangan ekosistem digital ekonomi syariah melalui Pospay Gold," ujar Maruf dalam sambutannya, di Gedung Pos Bloc, Jakarta.

Maruf menilai Pospay Gold memberi manfaat bagi masyarakat untuk melakukan perdagangan fisik emas secara digital dalam bursa fisik komoditi melalui platform JFXGOLD X, Bursa Berjangka Jakarta.

Baca juga : Tumbuh 5,17 Persen, Ekonomi Indonesia Di Atas AS Dan Singapura

Di antaranya, untuk melindungi nilai (heading), referensi harga (price discovery) serta alternatif transaksi fisik emas masyarakat yang dapat dimulai dari lot kecil senilai 0.01 gram.

"Sehingga dapat membangun ekosistem secara masif," ucap Wapres, dikutip dari video sambutannya.

Sementara, Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan, melalui seminar Ekonomi Syariah ini Pos Indonesia (Persero) resmi melakukan penguatan kepada ekosistem digital ekonomi syariah secara masif. 

Hal ini juga akan menjadi indikator keberhasilan utama pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Baca juga : Perkuat Armada, Garuda Indonesia Datangkan 2 Pesawat Boeing 737-800 NG Bulan Ini

"PT Pos Indonesia selaku Perusahaan postal service pertama di dunia yang telah mengembangkan dan memiliki layanan system perdagangan fisik komoditi secara real time dan akses pasar langsung dengan bangga merilis Pospay Gold," ujar Faizal.

Sebagai informasi, transaksi fisik emas di Pospay Gold menggunakan fisik emas berstandar London Bullion Market Association dengan tingkat kemurnian 999.9.

Fisik emas akan disimpan dengan baik di Gudang custodian yang teregulasi dan berada di kawasan yang diawasi Bea cukai.

Fisik emas di Pospay Gold dapat ditransaksikan mulai dari 0,01 gram atau setara dengan Rp 10 ribu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.