Dark/Light Mode

Peran Penting Indonesia Di ASEAN

Ekonomi Digital Jadi Mesin Pertumbuhan

Jumat, 25 Agustus 2023 06:45 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan sebelum acara peresmian Digital Innovation and Sustainability Economy Center (DISC) di Shangri-la Hotel Jakarta, Kamis (24/8/2023). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan sebelum acara peresmian Digital Innovation and Sustainability Economy Center (DISC) di Shangri-la Hotel Jakarta, Kamis (24/8/2023). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
Indonesia juga kaya dengan pasir silika. Jadi, menurut Air­langga, ini akan menjadi per­tumbuhan berikutnya bagi kita yang bergantung pada sektor digital dan memperdalam energi terbarukan.

“Dengan menerapkan ekonomi hijau di ASEAN, dapat mencip­takan tambahan 5 juta lapangan kerja. Dan juga meningkatkan PDB di atas 7 persen pada ta­hun 2030, bersamaan dengan keuntungan ekonomi,” jelas Airlangga.

Staf Ahli Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia Kemenko Bidang Perekonomian Rizal Edwin mengatakan, dengan populasi 679 juta jiwa atau 8 persen dari total penduduk dunia, ASEAN punya potensi pasar besar dan menjanjikan bagi dunia usaha, termasuk ritel.

Baca juga : Walk Out Delegasi Indonesia Di KTT Melanesian Diapresiasi

Perkembangan teknologi in­formasi dan komunikasi juga telah mempermudah akses kon­sumen terhadap produk dan jasa serta menciptakan peluang bisnis yang baru.

Apalagi, kehadiran e-com­merce dan juga platform perda­gangan online telah mengubah wajah ritel ASEAN.

Peningkatan penetrasi internet dan penggunaan smartphone juga menyebabkan perdagangan elektronik berkembang sangat pesat. Dan menciptakan peluang baru bagi pengusaha dan pelaku bisnis di kawasan ini.

Baca juga : BI: Neraca Pembayaran Indonesia Triwulan II Defisit Rp 113 T

“Pertumbuhan negara-negara ASEAN yang stabil ikut mem­pengaruhi perkembangan sektor ritel,” katanya.

Rizal mengatakan, pertumbuhan ekonomi sebagian negara ASEAN berada di atas rata-rata pertumbuhan dunia, yakni 3,1 persen. Malaysia, Vietnam, Filipina, Kamboja, Singapura dan Indonesia mencatatkan pertumbuhan di kisaran 3,8-8,7 persen.

Indonesia juga ikut berperan dalam menyusun kerja sama perdagangan internasional yang memiliki dampak signifikan.

Baca juga : Literasi Digital Jadi Solusi Perangi Judi Online

Berkat sejumlah kesepaka­tan, seperti ASEAN Free Trade Area, dan juga Comprehensive Economic Partnership Agree­ments (CEPA) dengan negara-negara mitra dagang, telah mempermudah perdagangan antarnegara.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 25/8/2023 dengan judul Peran Penting Indonesia Di ASEAN, Ekonomi Digital Jadi Mesin Pertumbuhan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.