Dark/Light Mode

Dorong Literasi dan Inklusi Asuransi, Ini Program Jitu BNI Life

Senin, 28 Agustus 2023 12:00 WIB
BNI Life berkomitmen terus menginisiasi berbagai pengembangan produk digital untuk dapat mendorong literasi dan inklusi asuransi Indonesia. (Foto: Dok. BNI Life)
BNI Life berkomitmen terus menginisiasi berbagai pengembangan produk digital untuk dapat mendorong literasi dan inklusi asuransi Indonesia. (Foto: Dok. BNI Life)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT BNI Life berkomitmen terus menginisiasi berbagai pengembangan produk digital untuk dapat mendorong literasi dan inklusi asuransi Indonesia.

Literasi keuangan di bidang asuransi di Indonesia pada 2022 telah mencapai 30,46 persen, dengan tingkat inklusi keuangan mencapai 16,63 persen.

Data ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat tentang pentingnya asuransi meningkat, dan potensi peningkatan pembelian produk asuransi masih sangat besar.

Baca juga : 100 Juta Orang Di Dunia Terancam Jatuh Miskin..

Direktur Bisnis BNI Life Neny Asriany berpendapat bahwa capaian inklusi asuransi Indonesia masih dapat terus ditingkatkan dan perlu diikuti dengan berbagai program peningkatan literasi.

Terlebih, saat ini asuransi jiwa masih ditempatkan sebagai kebutuhan tersier. Neny mengatakan, BNI Life menyadari bahwa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang asuransi memerlukan pendekatan yang lebih dari sekadar promosi dan strategi pemasaran konvensional.

Perseroan sadar upaya sosialisasi membutuhkan solusi produk yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah, termasuk manfaat, keterjangkauan, dan kualitas layanan pascapenjualan.

Baca juga : Literasi Digital Jadi Solusi Perangi Judi Online

Oleh karena itu, BNI Life mengusulkan program literasi keuangan, termasuk pendidikan asuransi jiwa, dimulai sejak usia dini.

Pendidikan keuangan harusnya menjadi mata pelajaran wajib dalam kurikulum nasional, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga pendidikan tingkat lanjutan.

“Tentunya terobosan program-program inovatif sangat dibutuhkan bagi industri asuransi Indonesia. Kami akan terus membantu otoritas untuk dapat terus proaktif meningkatkan literasi dan inklusi asuransi Indonesia,” ujar Neny. 

Baca juga : Tingkatkan Budi Pekerti dan Nilai Luhur, Sekolah Ini Adakan Program Shining Camp

Neny menyampaikan BNI Life juga telah mengadopsi digitalisasi dengan penjualan produk asuransi melalui platform digital seperti microsite PlanBLife dan BNI Mobile Banking.

Menurutnya, langkah ini bertujuan untuk mempermudah pemahaman dan pengalaman masyarakat terhadap manfaat produk asuransi serta dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

“Kami senantiasa berkomitmen untuk mendorong literasi dan inklusi keuangan serta inovasi dalam sektor asuransi, menciptakan masa depan keuangan yang aman bagi seluruh masyarakat Indonesia,” pungkas Neny.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.