Dark/Light Mode

Kimia Farma Apotek Gandeng Ikatan Apoteker Indonesia untuk Pelayanan Kefarmasian

Senin, 28 Agustus 2023 14:43 WIB
Dari kiri: Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Noffendri Roestam, Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek (KFA) Agus Chandra, dan Direktur Operasional KFA Muhardiman, saat penandatanganan perjanjian kerja sama KFA dan IAI, di Solo, Jumat (25/8). (Foto: Dok. KFA)
Dari kiri: Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Noffendri Roestam, Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek (KFA) Agus Chandra, dan Direktur Operasional KFA Muhardiman, saat penandatanganan perjanjian kerja sama KFA dan IAI, di Solo, Jumat (25/8). (Foto: Dok. KFA)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kimia Farma Apotek (KFA) dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Solo menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) tentang kolaborasi optimalisasi pelayanan kefarmasian, di Solo, Jawa Tengah, Jumat (25/8). Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan bidang kefarmasian kepada masyarakat.

Perjanjian kerja sama ini ditandatangani Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat IAI Noffendri Roestam dan Direktur Utama KFA Agus Chandra serta Direktur Operasional KFA Muhardiman, bersamaan dengan rangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Tahunan IAI 2023 di Solo. Penandatanganan PKS dihadiri Ketua Dewan Kehormatan IAI Nurul Falah Eddy Pariang, Ketua Kolegium Ilmu Farmasi Indonesia Prof Keri Lestari, dan para Dewan Pengurus Pusat IAI, serta anggota IAI.

Agus Chandra menyampaikan, kerja sama ini akan saling memberikan benefit bagi KFA maupun para apoteker yang tergabung dalam IAI. "Kami bangga bisa menjalin kolaborasi dengan IAI sebagai mitra strategis untuk meningkatkan pelayanan kesehatan sekaligus akses kefarmasian kepada masyarakat,” ujar Agus saat penandatanganan kerja sama tersebut, seperti keterangan yang diterima redaksi, Senin (28/8).

Baca juga : Gabungan Seniman Indonesia Gelar Bandung Street Fashion

KFA gencar berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis untuk memperkuat posisi sebagai perusahaan healthcare terintegrasi. Hal ini juga sejalan dengan transformasi PT KFA yang tengah digaungkan dan tercermin dalam tagline barunya: Ingat Sehat, Ingat Kimia Farma. Menurutnya, ruang lingkup kerja sama ini mencakup layanan Apoteker Praktik dan program Apoteker Advance.

Muhardiman menjelaskan, melalui Layanan Apoteker Praktik, para apoteker di bawah IAI yang sudah berpengalaman juga bisa praktik di outlet-outlet Kimia Farma Apotek yang pada jam-jam sibuk membutuhkan tambahan tenaga apoteker. Apoteker praktik ini akan memberikan pelayanan informasi obat (PIO), konseling, swamedikasi, layanan home care pharmacist, telefarma, dan lainnya. Selain mendapatkan imbalan jasa, outlet KFA juga dapat menjadi tempat praktik untuk melengkapi syarat kerja apoteker.

Sedangkan, pada Program Apoteker Advance, IAI akan memfasilitasi pendidikan berkelanjutan program Apoteker Advance khusus untuk Apoteker KFA. Program ini meliputi 6 klaster yaitu Expert Professional Practice; Collaborative Working Relationship; Leadership; Management; Education; Training and Development; dan Research and Evaluation.

Baca juga : Jaring Dukungan Aksesi Indonesia, Menko Airlangga Undang Dubes OECD

Harapannya, program ini dapat meningkatkan kompetensi apoteker dari level awal hingga tingkat lanjut. "KFA memberikan kesempatan pendidikan berkelanjutan bagi seluruh Apoteker KFA untuk mengikuti program advanced pharmacist," ucap Muhardiman.

“Para apoteker anggota IAI yang masih memerlukan tempat praktik, akan mendapatkan bantuan KFA yang memungkinkan mereka memperoleh tempat dan memenuhi persyaratan praktik,” tambahnya.

Selain itu, KFA telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak seperti Optik Melawai, Warung Sehat, RSCM, SiapDok, beberapa RSUD, Gojek, Tokopedia, Shopee, Livin Mandiri, dan mitra lainnya.

Baca juga : Mempertimbangkan Geopolitik Indonesia Di Aliansi BRICS

"Kami berkolaborasi dengan RSCM dan SiapDok untuk mengembangkan klinik virtual. Klinik virtual ini juga butuh dukungan para tenaga profesional apoteker yang tergabung dalam IAI. Dengan klinik virtual ini, KFA ingin memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mengakses layanan dokter jarak jauh," terangnya.

Dia menambahkan, dengan jumlah 1.244 outlet dan lebih dari 400 klinik dan lebih dari 70 laboratorium, KFA membutuhkan dukungan dan jasa layanan dari para apoteker. Di sisi lain, ekspansi jaringan outlet sejak awal tahun ini dan ditargetkan menambah hingga 100 outlet baru, menurut Muhardiman, KFA membutuhkan tambahan tenaga apoteker. "Jadi, kerja sama dengan IAI sangat strategis bagi KFA."

KFA terus melakukan transformasi outlet baik dari sisi kelengkapan produk dan layanan serta tampilan yang lebih menarik dan modern. Dari sisi produk, kini outlet Kimia Farma tidak hanya menyediakan obat, tetapi juga produk kecantikan (beauty product) seperti perawatan kulit (skincare) dan kosmetik, produk bayi dan anak seperti popok dan berbagai jenis susu, produk personal care (perawatan diri) untuk kebersihan tubuh, rambut, kulit dan wajah serta alat kesehatan dan produk kesehatan lainnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.