Dark/Light Mode

Puluhan BUMN, BUMD dan Swasta Raih GRC and Performance Excellence Award 2023

Rabu, 30 Agustus 2023 23:24 WIB
Ketua Penyelenggara GRC  Performance Excellence Award 2023 sekaligus CEO BusinessNews Indonesia Irnanda Laksanawan (Foto: Istimewa)
Ketua Penyelenggara GRC Performance Excellence Award 2023 sekaligus CEO BusinessNews Indonesia Irnanda Laksanawan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 31 perusahaan yang terdiri dari 22 perusahaan BUMN, 4 BUMD, dan 5 swasta mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan bergengsi GRC & Performance Excellence Award 2023 yang diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (30/8).

Para pemenang penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2023 ini dijaring dari sekitar 300 perusahaan dari BUMN, BUMD, dan swasta yang menjadi nominasi. Kemudian dewan juri bersama tim penyelenggara menyaring, menyeleksi, mengevaluasi kinerja maupun Governance Risk and Compliance (GRC) dari perusahaan-perusahaan tersebut. Hasilnya, 31 perusahaan dari BUMN, BUMD dan swasta yang terpilih sebagai pemenang.

Event yang mengusung tema “Risk Management at the Speed of Business’’ ini bekerja sama dengan lembaga-lembaga kompeten di bidangnya seperti Open Compliance and Ethics Group (OCEG – USA) dengan 60 ribu member seluruh dunia, FMR (Forum Manajemen Risiko BUMN) dengan member seluruh BUMN dan anak Perusahaan BUMN, serta Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

Baca juga : Nobu Bank Raih Penghargaan Excellent Infobank Award 2023

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023 dalam proses penjurian, memutuskan perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia internasional.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2023 sekaligus CEO BusinessNews Indonesia Irnanda Laksanawan menjelaskan, event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance).

“GRC & Performance Excellence Award 2023 mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah. Hal itu dilakukan agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga dapat memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada masyarakat,” kata Irnanda.

Baca juga : Rektor IPDN Hadi Prabowo Diganjar World Peace Award 2023

Irnanda melanjutkan, ajang GRC & Performance Excellence Award 2023 merupakan momen untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktik GRC di perusahaannya. Menurutnya, GRC dapat membantu dalam hal kepatuhan yang efektif, yang setiap hasil review, evaluasi, dan audit bisa menjadi pengembangan serta perbaikan ke depannya. “Dengan adanya GRC ini, kita akan lebih memiliki informasi dan juga pengambilan keputusan yang sifatnya lebih proaktif,” ujar Irnanda.

Chairperson Board of Jury GRC & Performance Excellence Award 2023 yang juga Dekan Fakultas Komunikasi dan Diplomasi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FKD & FEB) Universitas Pertamina serta sebagai dosen Universitas Indonesia Dewi Hanggraeni menjelaskan, dalam menghadapi Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity (VUCA), perusahaan perlu refocusing penerapan manajemen risiko disertai dengan pengoptimalan tata kelola perusahaan (Corporate Governance), dan kepatuhan (Compliance) yang terintegrasi. Dewi menyebut, ke depan semakin banyak tantangan GRC, yang dalam waktu dekat akan menghadapi Pilpres, Pilkada yang serentak. Tentunya, ke depan berbagai potensi risiko akibat ketidakpastian harus dimitigasi.

“Dengan mulai membaiknya kondisi ekonomi, enhancing of implementation of GRC merupakan suatu keniscayaan. Ke depan, tuntutan kinerja Perusahaan yang lebih baik, value dari model bisnis mengalami perubahan. Termasuk fase perubahan yang sangat cepat, Tata kelola dan regulasi yang dinamis. Selain itu, terutama sektor non keuangan belum seluruhnya secara optimal menerapkan GRC, proses dokumentasi atas monitoring masih ada yang belum konsisten, dan sistem seluruhnya belum terintegrasi, serta proses manajemen risiko termasuk monitoring masih ada yang bersifat silo,” ujar Dewi.

Baca juga : Prudential Syariah Raih Penghargaan Bergengsi Insurance Asia Awards 2023

Dia menambahkan, adanya GRC & Performance Excellence Award 2023 ini merupakan saat yang tepat untuk me-mapping risiko-risiko di era VUCA, melakukan pembenahan, refocusing strategic objective perusahaan berdasarkan implementasi GRC, dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan.

“Event ini juga memotivasi para pelaku bisnis untuk menyempurnakan praktik GCG dan penerapan manajemen risiko, meningkatkan kepatuhan, sekaligus GRC secara keseluruhan, juga mengapresiasi perusahaan yang sudah ber-GRC dengan terus melakukan continuous improvement,” lanjut Dewi.

Selain itu, dengan saran dan masukan dari dewan juri yang sebagian besar merupakan praktisi, birokrat, akademisi, dan konsultan senior yang sudah ahli dalam GRC, akan sangat bermanfaat untuk perusahaan ke depannya. Dewi juga menyebutkan manfaat GRC sudah tidak diragukan lagi untuk perusahaan-perusahaan, terutama dalam mengoptimalkan nilai perusahaan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.