Dark/Light Mode

Berhasil Sahkan Perbatasan RI-Malaysia

Rektor IPDN Hadi Prabowo Diganjar World Peace Award 2023

Minggu, 27 Agustus 2023 22:41 WIB
Rektor IPDN Hadi Prabowo (kedua dari kiri), menerima Penghargaan World Peace Award 2023 dari Presiden The World Peace Organization Bambang Herry Purnomo, di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Minggu (27/8) malam. (Foto: IPDN)
Rektor IPDN Hadi Prabowo (kedua dari kiri), menerima Penghargaan World Peace Award 2023 dari Presiden The World Peace Organization Bambang Herry Purnomo, di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Minggu (27/8) malam. (Foto: IPDN)

RM.id  Rakyat Merdeka - The World Peace Organization (WPO), organisasi penggagas perdamaian dunia dalam bidang kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan, menggelar Malam Anugerah Tahunan yang dilaksanakan di Grand Sahid Hotel Jakarta, Minggu (27/8) malam.

Tahun ini, WPO memberikan anugerah "World Peace Award" kepada beberapa tokoh nasional dan internasional.

Salah satunya, Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Hadi Prabowo, yang menerima penghargaan pada kategori chief achievement.

Penghargaan ini diberikan oleh organisasi perdamaian dunia tersebut karena dedikasi Hadi dalam mendukung perdamaian dunia.

Khususnya, keberhasilannya dalam mengesahkan perbatasan RI dan Malaysia.

Baca juga : Dengarkan Amran Paparkan Pertanian, Prabowo Kian Mantap Jadi Presiden

Hal itu dilakukan Hadi saat masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sekaligus Ketua Panitia Nasional Survei dan Penegasan Batas Internasional antara Indonesia-Malaysia, pada 2019.

Hadi berhasil menyelesaikan dua segmen batas negara sektor timur (OBP).

Keduanya yaitu, segmen Simantipal 21,54 Km = 5.700 Ha dan titik C 500 - C 600 6,5 Km = 405 Ha di Kabupaten Nunukan Provinsi Kaltara pada tanggal 21 November 2019 di Kuala Lumpur.

Presiden WPO Bambang Herry Purnomo mengatakan, selain itu, peran aktif IPDN dalam penanganan Covid-19 dengan menggelar vaksinasi di Papua bersama TNI AL, juga menjadi salah satu unsur penilaian terhadap Hadi. 

Atas penghargaan tersebut, Hadi mengucapkan terima kasih. Ia berharap, penghargaan ini mampu memberikan inspirasi dan motivasi kepada seluruh ASN, khususnya praja, untuk selalu fokus memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia, di mana pun ditempatkan.

Baca juga : 10 Tahun Bantu Perjuangkan, PAN Yakin, Prabowo Menang Pilpres 2024

"Sebagai bangsa Indonesia, kita harus konsisten turut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kepada kemerdekaan dan perdamaian abadi, sesuai yang tertera dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945," ucap Hadi.

Selain Hadi, penerima chief achievement World Peace Award 2023 bertema "Bersama Mewujudkan Perdamaian Dunia" lainnya adalah eks Menko Kesra dan Pengentasan Kemiskinan Haryono Suryono.

Lalu, Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Mastura, Bupati Gowa Adnan Purichta, dan Bupati Konawe Utara Ruksamin.

Sementara dalam kategori lifetime achievement, WPO memberikan penghargaan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden pertama RI Ir. Soekarno yang diwakili putranya, Guruh Soekarno Putra.

Lalu, Penasihat Spiritual PBB Sri Chinmoy, mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, dan Paus Fransiskus dari Vatikan.

Baca juga : Prioritaskan Pengembangan Karyawan, AP II Diganjar HR Excellence Award 2023

Pemberian penghargaan ini berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi mendalam yang dilakukan Tim Sembilan.

Tim ini terdiri atas para akademisi dan pakar yang memiliki kualifikasi dan kredibilitas tinggi, dalam menilai dan memilih individu yang berhak menerima penghargaan.

Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi WPO terhadap para tokoh, yang konsisten menjalankan misi hidupnya bagi perdamaian dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.