Dark/Light Mode

Hasil Sinergi Pemerintah Pusat, Daerah Dan BI

Inflasi Kita Paling Rendah Di Dunia

Minggu, 3 September 2023 07:00 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan arahan saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2023 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (31/8/2023). (Foto: Antara)
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan arahan saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2023 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (31/8/2023). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Dengan sinergi yang baik dan efektif, inflasi Indonesia dapat terkendali dan kembali dalam rentang target sasaran sesuai APBN, tiga plus minus satu persen,” kata Airlangga di Jakarta, Kamis (30/8).

Ketua Tim Pengendalian In­flasi Pusat (TPIP) itu juga men­jelaskan, inflasi pangan juga terkendali dengan kerja sama yang baik antara BI dan Ke­menterian Dalam Negeri melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang dilakukan sepanjang tahun di berbagai daerah.

Selain itu, kebijakan 4K, yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif, juga dibarengi dengan kebijakan fiskal moneter dan sektor riil, memastikan inflasi terkendali dalam rentang sasaran.

Baca juga : Panasonic Bantu Pemerintah Kurangi Dampak Polusi Udara Lewat Teknologi Nanoe X

“Salah satu langkah yang telah diupayakan, yaitu penguatan cadangan pangan Pemerintah, utamanya beras dan stabilisasi pasokan dan harga pangan,” tegas Ketua Umum Partai Golkar itu.

Airlangga juga memastikan sinergi antar-kementerian di tingkat pusat berjalan dengan sangat baik menjaga inflasi tetap stabil.

Sampai dengan 31 Juli 2023, realisasi belanja Kementerian/ lembaga yang mendukung pengendalian inflasi mencapai Rp 47,03 triliun atau 37,12 persen dari total pagu Rp 126,68 triliun.

Baca juga : Malaysia Paling Rawan Kecurangan Pemilu

“Kementerian/Lembaga yang telah merealisasikan anggaran dalam budget tagging pengenda­lian inflasi, antara lain Kemente­rian Sosial, Kementerian ESDM dan Kementerian Perhubungan,” tegas Airlangga.

Terkait pencapaian itu, Air­langga mengatakan, terdapat beberapa evalusi dalam pengendalian inflasi yang perlu dilanjutkan.

Pertama, sinergi koordinasi yang semakin kuat antar Ke­menterian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.