Dark/Light Mode

Arsjad Sebut Investasi Dan Perdagangan Jadi Urat Nadi Perekonomian

Minggu, 3 September 2023 06:11 WIB
Ketua ASEAN BAC Arsjad Rasjid (ketiga kanan) saat pembukaan ASEAN Investment Forum 2023 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (2/9)/Ist
Ketua ASEAN BAC Arsjad Rasjid (ketiga kanan) saat pembukaan ASEAN Investment Forum 2023 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (2/9)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid menyatakan, investasi dan perdagangan menjadi urat nadi perekonomian negara-negara ASEAN. Hal itu harus dikelola bersama-sama untuk menciptakan kemakmuran.

“Kita tidak bisa berdiri sendiri, ASEAN harus menyadari kekuatan dan potensi investasi yang dimiliki untuk makin memantapkan posisinya sebagai surga investasi global,” kata Arsjad pada pembukaan ASEAN Investment Forum 2023 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (2/9).

Arsjad yang juga Ketua Umum Kadin Indonesia ini mengungkapkan, kawasan Asia Tenggara memiliki potensi dan peluang investasi sangat menjanjikan di bidang pertanian dan pangan, ekonomi digital, kesehatan swasta-publik, kendaraan listrik dan pasar karbon.

Baca juga : Nahdliyin Terpecah

Potensi dan peluang yang dimiliki menjadikan ASEAN sebagai target investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) dan menunjukkan peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2010, FDI di Asia Tenggara hanya sekitar 23 miliar dolar AS. Jumlah itu melonjak menjadi 47 miliar dolar AS pada 2021.

“Selain potensi investasi, Asia Tenggara juga memiliki keunggulan berupa sumber daya energi alam yang besar, untuk memenuhi permintaan energi global,” kata dia.

Baca juga : Beberkan Strategi Inovasi, Tokopedia Care Pastikan Layanan Aman dan Transparan

Dengan potensi dan peluang investasi yang ada, ASEAN memiliki fundamental ekonomi yang kuat untuk pembangunan berkelanjutan.

ASEAN-BAC secara konsisten terus mendorong Forum Investasi ASEAN memperkuat fundamental ekonomi tersebut untuk menjadikan kawasan ASEAN sebagai surga investasi global.

“ASEAN Investment Forum 2023 dapat dijadikan momentum untuk memperkuat posisi ASEAN sebagai surga investasi global,” ujarnya.

Baca juga : Jaga Stabilitas Harga Pangan, Pemerintah Perkuat Sinergi Pengendalian Inflasi

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.