Dark/Light Mode

Mantap! 79 Mobil Listrik Toyota bZ4X Jadi Kendaraan Delegasi KTT ASEAN

Rabu, 6 September 2023 19:57 WIB
Toyota bZ4X jadi kendaraan delegasi KTT ASEAN. (Foto: Ist)
Toyota bZ4X jadi kendaraan delegasi KTT ASEAN. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota Astra Motor (TAM) berpartisipasi dalam kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 yang digelar di Jakarta dari 5-7 September 2023.

Toyota menyerahkan 79 Toyota bZ4X kepada pemerintah untuk KTT ASEAN. Mobil full listrik ini menjadi kendaraan delegasi KTT ASEAN. 

"Terima kasih kepada pemerintah Indonesia yang sekali lagi telah memberikan kepercayaan kepada Toyota untuk mendukung acara kenegaraan, ASEAN Summit 2023, dengan solusi mobilitas bebas emisi lewat Toyota bZ4X BEV,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, Rabu (6/9).

Baca juga : Senyum Hangat Presiden Jokowi Sambut Para Delegasi KTT ASEAN 2023

Menurut dia, di tengah cuaca ekstrem yang tengah melanda Jakarta kini, Toyota sebagai bagian dari industri otomotif juga berupaya memberikan kontribusi maksimal untuk menjaga kualitas hidup masyarakat. 

“Selain mendukung kegiatan pemerintah dengan kendaraan bebas emisi, kita juga ikut mendukung upaya pemerintah dalam pengendalian emisi lewat program uji emisi gratis di seluruh dealer Toyota di Jakarta," ujarnya.

Sebelumnya Toyota bZ4X mendapat tugas negara menjadi salah satu kendaraan resmi untuk mendukung mobilitas para partisipan KTT ASEAN 2023 di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan KTT G20 di Bali. 

Baca juga : Tunggal Putri Loyo Di Kejuaraan Dunia, Ini Evaluasi PBSI

Toyota bZ4X dibangun dari basis Platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture(TNGA) yang dioptimalkan dan didedikasikan untuk Battery Electric Vehicle. Salah satu kelebihannya adalah unit baterai ramping terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dari chassis sehingga membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi. 

Lithium-ion Battery di bZ4X mempunyai kapasitas 71,4 kWh yang sejak terisi penuh, baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali. Water cooling system yang menyatu dengan sistem AC mobil dimanfaatkan untuk menstabilkan suhu baterai setelah penggunaan yang ekstensif demi menjaga performa dan keamanan baterai.

Tema interior Toyota bZ4X adalah kenyamanan dan kelapangan yang memberikan suasana kabin ala living room. Dipadukan dengan layar sentuh 12,3 inch terbesar di mobil Toyota dengan menu navigasi disertai fitur konektivitas lengkap ke smartphone. Pertama pada mobil listrik di Indonesia, terdapat pula fitur canggih Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikitpun.

Baca juga : Pemkot Tangerang Atur Mobilitas Rruk Besar Agar Nggak Ganggu KTT ASEAN

Sebagai sebuah mobil yang advanced, Toyota bZ4X memanfaatkan fitur safety aktif yang paling canggih demi melindungi pengendara serta pengguna jalan lainnya yakni Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Toyota juga menyematkan fitur telematika canggih T Intouch.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.