Dark/Light Mode

Tunggal Putri Loyo Di Kejuaraan Dunia, Ini Evaluasi PBSI

Senin, 28 Agustus 2023 12:46 WIB
Gregoria Mariska Tunjung. (Foto : ist)
Gregoria Mariska Tunjung. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sektor tunggal putri masih belum bisa memberi gelar di Kejuraan Dunia BWF 2023. Meski begitu, pelatih tunggal Putri PBSI, Indra Widjaja menilai ada perkembangan di sektor putri.   

Dua tunggal putri yang terjun belum bisa melaju ke babak-babak akhir. Gregoria Mariska Tunjung tertahan di babak 8 besar, sedangkan Putri Kusuma Wardani terhenti di babak kedua.

"Gregoria bagus bisa masuk 8 besar. Sayang kesempatan untuk melaju ke semifinal dikalahkan Akane Yamaguchi. Ketika menghadapi Akane, Gregoria banyak melakukan kesalahan sendiri," kata Indra Widjaya. 

Baca juga : Apriyani/Fadia Kalah Di Final, Ini Evaluasi Pelatih

Sementara saat melawan Han Yue (China) di babak ketiga, Gregoria bisa lolos dari hadangan lawan karena didukung fighting spirit yang tinggi. Dari perubahan di pola permainan dan taktik strateginya, juga berhasil.

Tapi saat bertanding di Kejuaraan Dunia, Gregoria sebenarnya ada kendala. "Dia merasa kurang nyaman dengan lutut kiri. Dampaknya, ada beberapa gerakan yang tak maksimal terlihat di lapangan."

Setelah ini, menurut Indra, Gregoria akan tampil ke China Open. Dalam jeda waktu sebelum ke China Open, dia harus fokus dulu ke pemulihan lutut kiri. Sebelum ke China, dia sudah bisa recovery. "Asal tidak cedera, saya sih tidak khawatir dengan teknik dan fisiknya," jelas Indra.

Baca juga : Banyak Senyum, Kunci Apriyani/Fadia Lolos Semifinal Kejuaraan Dunia

Sementara Putri KW juga tampil menggembirakan dan menunjukkan ada progres. Saat bertemu He Bing Jiao (China), misalnya, dia mampu bermain rubber game dengan skor lumayan ketat.

Apa yang diharapkan dari Putri KW bisa muncul di lapangan. Dari segi mentalitas, cara bermain, dan penerapan strategi main menunjukkan hal positif. Meskipun begitu tetap masih banyak hal yang perlu diperbaiki.

"Dengan bisa bermain maksimal, ke depan untuk meningkatkan performa Putri KW itu makin mudah. Saya berharap penampilan bagus lawan He Bing Jiao itu seharusnya bisa jadi turning poin. Apalagi harus diingat, untuk mendapatkan kepercayaan diri seperti saat melawan He Bing Jiao itu tidak mudah," kata Indra.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.