Dark/Light Mode

Biar Koneksi Internet Ngacir

Telin-Citra Connect Jalin Kerja Sama Kabel Bawah Laut Di Nongsa Digital Park

Kamis, 7 September 2023 10:01 WIB
PT Telkom Indonesia International (Telin), anak perusahaan PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom), menjalin kerja sama baru dengan PT Citranet Sarana Digital (Citra Connect), pada acara Bali International Telkom International Conference BATIC 2023, Kamis (7/8). (Foto: Fazry/RM)
PT Telkom Indonesia International (Telin), anak perusahaan PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom), menjalin kerja sama baru dengan PT Citranet Sarana Digital (Citra Connect), pada acara Bali International Telkom International Conference BATIC 2023, Kamis (7/8). (Foto: Fazry/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia International (Telin), anak perusahaan PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom), menjalin kerja sama baru dengan PT Citranet Sarana Digital (Citra Connect). Kerja sama ini dilakukan untuk mengoptimalkan koneksi internet supaya makin ngacir (cepat).

Penandatanganan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Chief Executive Officer (CEO) Telin Budi Satria Dharma Purba, dan CEO Citra Connect Michael Kristian Wiluan, pada acara Bali International Telkom International Conference (BATIC) 2023.

Penandatanganan ini sebagai dasar bagi kolaborasi strategis regional dalam konektivitas broadband internet, dengan fokus pada penyediaan kabel bawah laut dan layanan terkait.

Penandatanganan tersebut juga melambangkan komitmen Telin dan Citra Connect untuk menjajaki berbagai kemitraan.

Baca juga : Jokowi Ingin Tingkatkan Kerja Sama Energi Di Tanzania Lewat Pertamina

Tidak hanya terbatas pada penyediaan titik pendaratan dan persyaratannya, persyaratan akses kabel bawah laut, dan kelanjutan konektivitas ke infrastruktur di dalam Nongsa Digital Park (NDP).

Tapi juga memanfaatkan berbagai potensi kapasitas Pusat Data untuk mewujudkan NDP sebagai jantung ekosistem digital di Indonesia dan Asia Tenggara.

Hal ini sejalan dengan strategi Five Bold Moves Telkom yang terdiri dari FMC, InfraCo, Data Center Co, B2B Digital IT Service Co, dan DigiCo.

Telin, salah satu kekuatan penting di Telkom, terlibat aktif dalam pengembangan infrastruktur global, platform digital, produk inovatif, dan solusi.

Baca juga : Pertamina Jajaki Kerja Sama Bisnis Di Tanzania

Hal ini juga diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia dan sekitarnya, yang bertujuan untuk mencapai kedaulatan digital nasional, sekaligus memperkuat posisi Telin sebagai operator regional terkemuka.

Telin dan Citra Connect akan berkolaborasi lebih erat sebagai bagian dari kemitraan strategis untuk keandalan dan efisiensi transmisi data lintas negara.

Terdapat peluang bagi ekosistem digital seperti munculnya start-up, dan bisnis infrastruktur digital seperti Data Center dan Submarine Cable yang akan berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Proyek ini diharapkan dapat memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan jaringan komunikasi dan promosi kemajuan teknologi.

Baca juga : Mak Ganjar Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Di Kota Mataram

Budi Satria menyatakan, melalui kolaborasi ini, Telin optimistis layanan konektivitas yang tahan lama dan terdepan akan dapat hadir di lokasi terkini industri kreatif digital Indonesia.

"Layanan dan keahlian Telin di bidang infrastruktur telekomunikasi, serta keunggulan teknologi dan inovasi Citra Connect, akan memberikan dampak positif bagi perkembangan industri digital Indonesia dengan memperluas Batam ke belahan dunia lain," katanya.

Michael Wiluan menambahkan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park telah diidentifikasi sebagai poros utama untuk mewujudkan visi “Jembatan Digital” Presiden Jokowi untuk menghubungkan Indonesia dengan seluruh dunia.

"Visi tersebut akan tercapai dengan menyediakan infrastruktur dengan kualitas terbaik," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.