Dark/Light Mode

Pemda Yogyakarta Gandeng Bio Farma Luncurkan Deteksi Dini Kanker Serviks

Jumat, 8 September 2023 14:56 WIB
Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Bio Farma meluncurkan program deteksi dini kanker serviks, di Yogyakarta, Kamis (7/9). (Foto: Dok. Bio Farma)
Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Bio Farma meluncurkan program deteksi dini kanker serviks, di Yogyakarta, Kamis (7/9). (Foto: Dok. Bio Farma)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Holding BUMN Farmasi PT Bio Farma (Persero) meluncurkan program deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan urine dengan metode PCR HPV-DNA di Balai Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi (BLKK) Yogyakarta, Kamis (7/9).

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan, program tersebut penting bagi kaum perempuan di DIY mengingat kasus kanker serviks atau kanker leher rahim di provinsi ini termasuk tinggi secara nasional.

Baca juga : KPK: Pengadaan Sistem Proteksi TKI Di Kemenaker Dilakukan Sepihak

"Kanker serviks ini adalah kasus yang paling banyak setelah kanker payudara di Indonesia, di DIY juga demikian. Oleh karena itu, yang harus kita lakukan adalah bagaimana supaya kita lebih cepat mendeteksi," ujar Pembajun dalam keterangan resminya, Jumat (8/9).

Masih tingginya kasus kanker serviks di DIY, kata Pembajun, antara lain disebabkan rendahnya kesadaran kaum perempuan melakukan pemeriksaan dini.

Baca juga : Kolega Wartawan Bamsoet Akan Luncurkan Buku Bambang Soesatyo News Maker

Keengganan mereka melakukan pemeriksaan umumnya karena merasa malu atau takut dengan metode yang selama ini digunakan seperti pap smear dan IVA.

Padahal, tanpa deteksi dini, gejala kanker serviks kecil kemungkinan tidak terlihat kecuali kondisi penderitanya sudah dalam stadium lanjut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.