Dark/Light Mode

BRI Sukses Salurkan Kredit Sektor Hijau Hingga Rp 79,4 Triliun

Jumat, 8 September 2023 21:39 WIB
BRI memastikan telah menyalurkan kredit sektor hijau hingga Rp 79,4 triliun. (Foto: Dok. BRI)
BRI memastikan telah menyalurkan kredit sektor hijau hingga Rp 79,4 triliun. (Foto: Dok. BRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memastikan, sektor sustainable financing menjadi prioritas perusahaan dalam demi mewujudkan Enhanced NDC (Nationally Determined Contribution) Indonesia dan mencapai Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060 mendatang.

Hal tersebut terbukti dengan membukukan penyaluran kredit ke sektor hijau BRI sebesar Rp 79,4 triliun di triwulan II-2023, atau meningkat dibandingkan tahun 2022 pada periode yang sama di angka Rp 75,5 triliun.

Baca juga : PLN Paparkan Green Enabling Supergrid Hingga PLTS Terapung Cirata

Sustainable financing juga menjadi salah satu fokus dalam flagship event ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF) pada 5-6 September 2023 di Jakarta.

“Kami melakukan berbagai strategi dalam menjalankan bisnis sustainable financing ini. Kenaikan portofolio tersebut menunjukkan komitmen BRI dalam menjaga kelestarian lingkungan. BRI terus berupaya menjaga status green loan dengan menjadikan pembiayaan hijau sebagai prioritas,” ungkap Direktur Kepatuhan BRI Achmad Solichin, Jumat (8/9).

Baca juga : PLN Paparkan Green Enabling Supergrid Hingga Rampungnya PLTS Terapung Cirata

Tak hanya itu sambung Achmad, BRI juga berkomitmen tidak hanya meng-create economic value, tapi juga harus peduli dengan social value. Dan yang tak kalah penting dalam konteks ESG atau keuangan berkelanjutan ini harus menjadi well-govern company.

Saat ini sambungnya, dari total Rp 732,3 triliun portofolio kredit BRI, sebanyak Rp 5,7 triliun di antaranya disalurkan ke sektor Energi Baru Terbarukan, green transportation sebanyak Rp 12 triliun, dan alokasi untuk pengelolaan sumber daya alam hayati dan penggunaan lahan ramah lingkungan sebesar Rp 53,5 triliun, dan lain-lain sebesar Rp 8,2 triliun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.