Dark/Light Mode

Kontribusi PLN UID Jakarta Raya dalam Gala Dinner Memukau KTT ASEAN

Minggu, 10 September 2023 20:53 WIB
Petugas PLN mengamankan pasokan listrik untuk KTT ASEAN. (Foto: Dok. PLN UID Jakarta Raya)
Petugas PLN mengamankan pasokan listrik untuk KTT ASEAN. (Foto: Dok. PLN UID Jakarta Raya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN telah berlalu. Kesuksesan KTT ASEAN yang digelar 5-7 September di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan dan beberapa tempat lainnya ini berkat dukungan banyak pihak, termasuk PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya.

Acara tahunan dari ASEAN tersebut banyak meninggalkan kesan mendalam bagi para anggota delegasi serta elemen lainnya. Termasuk acara makan malam atau gala dinner yang memukau yang digelar di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Gala dinner yang dilaksanakan pada Rabu (6/9) itu memantik perhatian para delegasi negara-negara yang hadir. Selain dari ASEAN, kegiatan ini juga melibatkan sejumlah kepala negara lain, termasuk Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris.

Baca juga : Tekan Polusi Udara, PLN UID Jakarta Raya Pasang Water Mist Generator

Kilauan lampu warna-warni menambah kehangatan para delegasi KTT ASEAN saat mengikuti gala dinner. Demikian juga dengan berbagai kegiatan lainnya dalam rangkaian agenda KTT ASEAN. Semua kegiatan tersebut tak terlepas dari andil PLN UID Jakarta Raya yang turut menyukseskan KTT ASEAN dengan memasok kelistrikan tanpa kedip.

Sejak awal, PLN UID Jakarta Raya memusatkan perhatian pada seluruh rangkaian kegiatan KTT ASEAN. Menurut General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran, Hutan Kota GBK Senayan merupakan venue utama dari rangkaian KTT ASEAN. 

Untuk itu, kata Lasiran, PLN UID Jakarta Raya menggunakan listrik tanpa kedip atau zero down time (ZDT) dengan pengamanan kelistrikan 4 lapis di Hutan Kota demi kelancaraan acara gala dinner KTT ke-43 ASEAN.

Baca juga : Peran PLN UID Jakarta Raya Sukseskan Spouse Program KTT ASEAN di TMII

"Karena itu kan salah satu venue dari 4 venue utama lainnya. Makanya kami memakai pengamanan 4 lapis untuk venue tersebut, dengan suplai daya listrik 690 kVA," ujar Lasiran, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/9).

Lasiran menegaskan, pihaknya juga mem-backup Hutan Kota Plataran Senayan dengan Uninterruptible Power Supply (UPS) sebesar 300 kVA. "Kita backup dengan UPS 300 kVA, sehingga menambah keandalan jaringan di lokasi gala dinner tersebut," jelas Lasiran, yang banyak mengurai pujian atas dukungan PLN Disjaya untuk kelancaran seluruh kegiatan dalam rangkaian agenda KTT ke-43 ASEAN.

Jamuan makan malam atau gala dinner untuk delegasi KTT ASEAN tersaji megah dan memukau di Area Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK). Kegiatan yang dihelat pada lahan hutan buatan seluas 4,5 hektare tersebut mengedepankan konsep hijau yang diwarnai gemerlap lampu gedung pencakar langit di sekitar kawasan. Sementara itu, panggung terbuka berdimensi sekitar 50 x 30 meter persegi menyajikan beragam pertunjukan kesenian dan hiburan musik dari sejumlah artis ibu kota.

Baca juga : 7 Rekomendasi Jajanan Pasar Khas Jakarta Untuk Delegasi KTT ASEAN 2023

Tepat di belakang panggung, menjulang belasan gedung pencakar langit dengan warna warni lampu yang berdiri di kawasan Pusat Distrik Bisnis Sudirman (SCBD), tepat di seberang Hutan Kota GBK. Gedung-gedung tersebut menjadi layar raksasa bagi pertunjukan video mapping selama berjalannya gala dinner.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.