Dark/Light Mode

Tekan Polusi Udara, PLN UID Jakarta Raya Pasang Water Mist Generator

Minggu, 10 September 2023 19:50 WIB
General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran (kiri) mengawal pemasangan pemasangan water mist generator dan menerima penjelasan cara kerja alat tersebut. (Foto: Dok. PLN UID Jakarta Raya)
General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran (kiri) mengawal pemasangan pemasangan water mist generator dan menerima penjelasan cara kerja alat tersebut. (Foto: Dok. PLN UID Jakarta Raya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berbagai upaya menekan polusi di Ibu Kota terus dilakukan. Tak terkecuali oleh PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta. Caranya, dengan melakukan pemasangan water mist generator di atap Gedung Kantor PLN UID Jakarta Raya, di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (8/9).

Langkah pemasangan water mist generator ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Water mist generator yang dipasang di atap Kantor PLN UID Jakarta Raya pada itu merupakan alat penyemprot air otomatis. Alat ini merupakan implementasi penerapan teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Baca juga : Cek Polusi Udara Sebelum Ke CFD Jakarta Hari Ini, Tangsel Dan Bandung Zona Merah

General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran mengatakan, pemasangan water mist generator di atap Gedung Kantor PLN UID Jakarta Raya ini merupakan perdana dilakukan. “Kami sudah pasang satu water mist generator di atap gedung kantor kami, yang tingginya 10 lantai,” ungkap Lasiran, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/9).

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Perekayasa Ahli Utama Riset BMKG Tri Handoko Seto, water mist generator mampu menghasilkan semburan air (atau campuran air dengan bahan lainnya) dengan ukuran yang halus, sehingga butirannya bisa beterbangan dan mengikat polutan agar meluruh ke permukaan tanah. Butiran air yang halus juga membuat mist generator tidak boros air.

Baca juga : Peran PLN UID Jakarta Raya Sukseskan Spouse Program KTT ASEAN di TMII

“Penyemprotan air menggunakan water mist generator di atap gedung kantor kami dilakukan dua kali sehari. Yaitu pada pagi hari mulai pukul 8 sampai 11 siang dan sore hari mulai pukul 13 sampai 15 sore,” terang Lasiran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.