Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Tingkatkan Kompetensi, Jamkrindo Gelar Workshop Pengelolaan Keuangan UMKM 

Selasa, 12 September 2023 17:41 WIB
Jamkrindo berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM Tanah Air. (Foto: Dok. Jamkrindo)
Jamkrindo berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM Tanah Air. (Foto: Dok. Jamkrindo)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Tanah Air.

Kali ini, Jamkrindo menggelar Workshop Mengelola Laporan Keuangan & Sosialisasi Platform UMKM Layak di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis (7/9).

Narasumber utama dalam acara tersebut antara lain Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Koperasi dan UKM NTT Ady Edezon Mandala, CEO Layanan UMKM Naik Kelas (LUNAS) Roy Baskoro dan Pemimpin Cabang Jamkrindo Kupang Sigit Julianto.

Wakil Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan II Jamkrindo Anggit Murdiwibowo mengatakan, kegiatan workshop ini merupakan kegiatan berkelanjutan karena selain di kupang, pihaknya juga akan menggelar workshop serupa di Samarinda pada 19 September 2023, Palu pada 26 September 2023 dan Pare - Pare pada 4 Oktober 2023.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Merias Penari Di Kediri

“Kegiatan ini, bentuk nyata peran Jamkrindo dalam memberikan dukungan kepada UMKM sebagai motor penggerak perekonomian nasional," ujar Anggit, dalam siaran pers, Selasa (12/9).

Menurutnya, dalam workshop tersebut para pelaku UMKM dibekali materi mengenai pengelolaan laporan keuangan dan pemanfaatan penggunaan google my bisnis, sebagai salah satu sarana digital marketing.

Selain itu, juga dilakukan sosialisasi platform UMKM Layak yang merupakan alat analisis kelayakan usaha UMKM dan platform untuk menjembatani pelaku UMKM mengikuti pelatihan seputar dunia usaha.

Anggit menilai, peningkatan kompetensi pelaku UMKM sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan bisnis yang semakin kompleks.

Baca juga : Setelah Tinggalkan Anies, Demokrat Pedekate Ke Mega

"Kami ingin membantu UMKM meningkatkan kualitas usaha mereka, melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan," kata Anggit 

Melalui workshop UMKM, ia berharap, dapat memberikan dorongan signifikan dalam meningkatkan kompetensi dan keberhasilan para pelaku UMKM di Tanah Air.

“Pemberian pelatihan dan pendampingan kepada UMKM, merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari bisnis Jamkrindo," katanya.

Untuk itu, berbagai pendampingan telah Jamkrindo lakukan untuk meningkatkan kapabilitas usaha pelaku UMKM agar bisa bertransformasi dan naik kelas.

Baca juga : Sahabat Ganjar Gelar Workshop Pembuatan Opak Conggeang Di Sumedang

Anggit mengapresiasi, berbagai dukungan yang telah diberikan, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah (Pemda) dalam rangka pemberdayaan UMKM.

“Kami terbuka untuk melakukan sinergi dan kolaborasi, untuk mendorong transformasi UMKM produktif dan berdaya saing," pungkas Anggit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.