Dark/Light Mode

Sahabat Ganjar Gelar Workshop Pembuatan Opak Conggeang Di Sumedang

Sabtu, 2 September 2023 21:23 WIB
Sahabat Ganjar menggelar workshop pembuatan Opak Conggeang di Sumedang, Jawa Barat Jabar, Sabtu (2/9). (Foto: Sahabat Ganjar)
Sahabat Ganjar menggelar workshop pembuatan Opak Conggeang di Sumedang, Jawa Barat Jabar, Sabtu (2/9). (Foto: Sahabat Ganjar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sahabat Ganjar kembali menggelar workshop dalam upaya menjaga kelestarian warisan kuliner tradisional Indonesia.

Kali ini, relawan pendukung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo itu mengajarkan cara pembuatan Opak Conggeang di Sumedang, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (2/9).

Opak Conggeang sendiri adalah camilan tradisional Sunda yang terbuat dari singkong, dan memiliki makna budaya yang mendalam di wilayah tersebut.

Workshop ini diikuti berbagai lapisan masyarakat Sumedang. Mereka terlihat sangat antusias dalam memahami teknik produksi dan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam Opak Conggeang.

Baca juga : Gardu Ganjar Beri Layanan Pengobatan Gratis Bagi Warga Pulau Tunda Di Serang

Salah satu peserta bernama Edi Rahmadi menyampaikan kebanggaannya lantaran Opak Conggeang bisa dikenali khalayak. 

"Saya sangat terkesan dengan inisiatif Sahabat Ganjar dalam melestarikan budaya lokal. Opak Conggeang adalah ciri khas Sumedang, dan saya merasa bangga melalui kegiatan ini,” kata Edi.

Vonny, salah satu peserta lainnya, berkomentar terkait capres berambut putih tersebut.

“Pak Ganjar itu orangnya merakyat, pandai bergaul sama rakyat, dan semoga beliau mendapat posisi terbaik di tahun depan, Amin,” ungkap Vonny.

Baca juga : Lawan Hoaks, Ganjar Milenial Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik Dan Karya Ilmiah

Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Sahabat Ganjar Kabupaten Sukabumi, Amas, turut hadir dalam workshop ini dan memberikan sambutan hangat kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Opak Conggeang adalah salah satu contohnya, dan kami berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut untuk melestarikan kekayaan budaya Indonesia,” harap Amas.

Menurut dia, workshop pengenalan dan produksi Opak Conggeang di Sumedang menjadi bukti nyata komitmen Sahabat Ganjar dalam mendukung keberlanjutan budaya lokal.

Selain itu, Sahabat Ganjar ingin berperan untuk menampung aspirasi dukungan yang digaungkan oleh masyarakat.

Baca juga : Usbat Ganjar Ajarkan Warga Tentang Amalan Sunah Bulan Muharam

“Dalam acara ini juga, Sahabat Ganjar juga memfasilitasi warga Sukabumi dalam mendukung pak Ganjar menjadi Presiden Indonesia tahun 2024,” tambah Amas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.