Dark/Light Mode

Tren Pertumbuhan Berlanjut, BNI Optimis Kredit Ekspansif

Kamis, 14 September 2023 17:50 WIB
Corporate Secretary Bank Negara Indonesia (BNI) Okki
Corporate Secretary Bank Negara Indonesia (BNI) Okki

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI optimis pertumbuhan kredit pada tahun ini akan tumbuh dalam kisaran 8 persen hingga 10 persensecara tahunan (YoY).

Hal ini sejalan dengan kinerja ekonomi yang semakin membaik serta dorongan dari belanja pemerintah di paruh kedua tahun ini.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan, perseroan yakin pertumbuhan kredit di semester kedua akan lebih baik. Tren peningkatan kredit tersebut seiring dengan proyeksi pertumbuhan pinjaman di industri dan juga belanja pemerintah.

Baca juga : Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Airlangga Genjot Kinerja Logistik

"Kami optimis pertumbuhan kredit pada paruh kedua tahun ini akan lebih baik. Tentunya kami akan terus mengoptimalkan setiap peluang agar kinerja dapat meningkat dengan tetap mengedepankan aspek prudensial banking," kata Okki dalam keterangannya, Kamis (14/9).

Lehih lanjut Okki menjelaskan, permintaan kredit juga dapat diakomodasi dengan kondisi likuiditas perbankan yang saat ini semakin membaik.

Terlebih lagi, ada kebijakan regulator yang akomodatif, terutama untuk sektor-sektor yang belum pulih, UMKM, KUR, dan pembiayaan hijau dalam rangka pemulihan ekonomi nasional yang akan terus dilanjutkan di 2023.

Baca juga : Incar Pertumbuhan Bisnis Konsumer, BCA Expo 2023 Kembali Digelar

Okki menyampaikan, pada semester kedua 2023, kredit BNI akan didukung oleh sektor berisiko rendah dan berfokus pada debitur top tier atas di industri tersebut.

Menurutnya korporasi selama tahun ini telah melakukan ekspansi kredit yang sangat baik, sehingga memberikan stimulus signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Selain itu, terdapat juga momentum pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang diharapkan akan memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan perekonomian nasional serta fungsi intermediasi.

Baca juga : Gandeng BPD Lampung, BNI Terbitkan Kartu Kredit Indonesia

"Tentunya, kami akan merespons setiap kesempatan yang muncul. BNI akan terus meningkatkan kualitas kredit BNI melalui penguatan manajemen risiko dengan mengimplementasikan proses kredit end-to-end," pungkas Okki. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.