Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Telkom Komitmen Dukung Pembangunan Berkelanjutan

Kamis, 10 Agustus 2023 23:45 WIB
Program TJSL untuk bantuan sarana digital sekolah di DTA Nurul Islam Sumedang
Program TJSL untuk bantuan sarana digital sekolah di DTA Nurul Islam Sumedang

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menjadi salah satu upaya PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk untuk berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat secara berkelanjutan. 

Melalui Program TJSL, industry telekomunikasi Indonesia ini melakukan beragam langkah strategis dalam bidang sosial dan lingkungan guna mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), khususnya pada pilar pembangunan sosial.

“Diharapkan seluruh program tersebut dapat dirasakan langsung kebermanfaatannya oleh masyarakat di seluruh pelosok Indonesia,” ujar SGM Community Development Center Telkom, Hery Susanto dalam keterangannya, Kamis (10/8).

Langkah strategis Telkom pertama, diawali dengan pengentasan kemiskinan, di antaranya melalui program pembangunan rumah singgah dan Rumah Tinggal Layak Huni (RUTILAHU), bantuan untuk masyarakat yang terkena bencana alam, serta bantuan kebutuhan penunjang usaha UMKM. 

Baca juga : Pemerintah Kebut Pembangunan Infrastruktur Penunjang DPSP Likupang

Hingga saat ini, program pengentasan kemiskinan yang dilakukan telah tersebar di 113 titik lokasi di seluruh Indonesia.

Lalu langkah kedua, penanggulangan kelaparan dan menghilangkan segala bentuk kekurangan gizi melalui penyerahan bantuan paket sembako bagi masyarakat pra sejahtera dan bakti sosial bagi warga yang terdampak bencana alam serta masyarakat yang kurang mampu. 

Selain itu, Telkom juga menyerahkan bantuan hewan kurban di beberapa titik wilayah di Indonesia.

Aksi nyata kepedulian Telkom dalam penanggulangan kelaparan juga diwujudkan melalui inovasi digital MyBidan dan juga dukungan pendanaan untuk klinik kesehatan. Bantuan disalurkan di lingkup bisnis Telkom pada tujuh Telkom Regional dengan titik persebaran mencapai 227 titik lokasi.

Baca juga : AMPI Komit Dukung Kepemimpinan Airlangga

Sementara itu, untuk langkah strategis ketiga dalam upaya mewujudkan kehidupan sehat dan sejahtera bagi seluruh masyarakat Indonesia, 260 titik lokasi di seluruh Indonesia telah merasakan kebermanfaatan dukungan dari Telkom. 

Yaitu, dukungan penanganan dan penanggulangan pandemi Covid-19 di seluruh Indonesia, pembangunan sarana dan prasarana bagi masyarakat seperti tempat ibadah, sarana sanitasi, dan fasilitas sekolah, serta bantuan berupa perlengkapan sekolah serta bantuan beasiswa bagi anak-anak yang kurang mampu.

Selanjutnya, untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat, Telkom menunjukkan komitmennya melalui pembangunan dan perbaikan fasilitas sekolah serta penyediaan kendaraan operasional dan 1.000 seragam sekolah yang disalurkan di beberapa wilayah. 

Dukungan lainnya juga diwujudkan dengan dukungan digitalisasi pendidikan yang menjangkau lebih dari 5.000 siswa, 4.000 guru, dan 80 sekolah sebagai penerima bantuan.

Baca juga : Topan Khanun Menerjang, 452 Penerbangan Korsel Dibatalkan

Melalui seluruh langkah strategis yang menjadi bagian dari program TJSL tersebut, Telkom senantiasa berkomitmen mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia. 

“Program ini telah tersebar di banyak lokasi di seluruh Indonesia, mencakup wilayah-wilayah yang membutuhkan perhatian lebih seperti wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal),” ungkapnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.