Dark/Light Mode

Batal Gabung Dengan BRICS

Indonesia Lebih Pilih Jadi Anggota OECD

Sabtu, 16 September 2023 06:45 WIB
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pereko­nomian Susiwijono Moegiar­so. (Foto: dok. Kemenko Perekonomian)
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pereko­nomian Susiwijono Moegiar­so. (Foto: dok. Kemenko Perekonomian)

 Sebelumnya 
Susiwijono menyampaikan se­jumlah keuntungan jika Indonesia menjadi anggota OECD. Pertama, mendapatkan reputasi dan kredi­bilitas menjadi negara maju.

Kedua, prospek rating surat utang menjadi lebih baik, seh­ingga beban penerbitan obligasi lebih rendah.

“Dengan menjadi anggota OECD, kita akan mengikuti stan­dar internasional. Dampaknya akan mendorong kredibilitas hingga rating surat utang kita lebih baik. Skema pembiayaan juga menjadi lebih rendah,” jelasnya.

Baca juga : Sah! Gabungan Seniman Indonesia Terverifikasi Sebagai Relawan Resmi Ganjar

Untuk mempercepat proses masuknya Indonesia ke OECD, di sela-sela kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di India, Jokowi melakukan per­temuan bilateral dengan Prancis dan Belanda.

Jokowi meminta dukungan kedua negara tersebut agar Indo­nesia dapat bergabung menjadi anggota OECD.

Dalam pertemuan dengan Presiden Prancis Emmanuel Ma­cron, Jokowi meminta dukungan agar proses Indonesia menjadi anggota OECD semakin lancar.

Baca juga : Perkuat Segmen UMKM Indonesia, BNI Pamerkan hibank di AIPF 2023

“Kami telah lakukan berbagai reformasi ekonomi sejalan dengan persyaratan keanggotaan OECD. Untuk itu, mohon dukungan Pran­cis terhadap keanggotaan Indone­sia, termasuk berbagi pengalaman terkait cara kerja dan optimalisasi manfaat keanggotaan di OECD,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKIJakarta itu juga bertemu dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. Selain membahas sejumlah kerja sama antarkedua negara di bidang pembangunan dan ekonomi, Jokowi juga meminta dukungan Belanda terhadap proses pendaftaran menjadi ang­gota OECD.

“Indonesia telah ajukan ap­likasi keanggotaan OECD dan telah lakukan berbagai reformasi ekonomi sejalan dengan persyara­tan OECD,” ucap Jokowi.  

Baca juga : Ganda Campuran Indonesia Habis Di China Open 2023

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 16/9/2023 dengan judul Batal Gabung Dengan BRICS, Indonesia Lebih Pilih Jadi Anggota OECD

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.