Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Darmo Luncurkan PLN Climate Click

BUMN Setrum Dukung Perdagangan Karbon

Senin, 18 September 2023 07:20 WIB
Direktur Utama PLN Dar­mawan Prasodjo. (Foto: Ist)
Direktur Utama PLN Dar­mawan Prasodjo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN meluncurkan platform PLN Climate Click. Selain sebagai instrumen pendukung perdagangan karbon antar pembangkit listrik di Indonesia, aplikasi ini memudahkan masyarakat memantau proses dekarbonisasi.

Direktur Utama PLN Dar­mawan Prasodjo mengatakan, perdagangan karbon sudah men­jadi tren di kancah global.

Indonesia pun turut menginisiasi hal ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi dan mengontrol emisi karbon, yang dapat dimonitor secara langsung.

Baca juga : Hari Pelanggan Nasional, CEO Smartfren Layani Langsung Pelanggan di Galeri

“Dengan meluncurkan PLN Climate Click, perkembangan dan langkah dekarbonisasi yang tengah PLN lakukan, bisa di­monitor secara berkala,” ujar Darmo, sapaan akrab Darmawan di Jakarta, Sabtu (16/9).

Ia berharap, platform PLN Cli­mate Click yang sudah berjalan efektif sejak 8 September lalu, dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk memantau langsung proses dekarbonisasi di PLN.

Terlebih, platform PLN Climate Click ini juga merupakan bentuk pemanfaatan teknologi, seba­gai tools dalam upaya beradaptasi dengan perubahan iklim dan mengurangi dampak negatifnya.

Baca juga : Daikin Siapkan Strategi Bisnis Kurangi Jejak Karbon

“Dengan menggunakan tekologi digital untuk mengumpulkan dan menganalisis data, kami dapat mengambil keputusan dan tindakan lebih baik, tepat, cepat dan efektif,” terang Darmo.

Darmo mengatakan, inovasi yang dilakukan perseroan ini bagian dari komitmen PLN un­tuk mendukung upaya Pemerin­tah menghadapi perubahan iklim yang dampaknya sudah mulai dirasakan.

“Aplikasi ini salah satu bentuk penguatan tata kelola perubahan iklim PLN,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.