Dark/Light Mode

Dukung Gerakan Zero Emission, Garudafood Gelar Program Pembinaan Kampung Wisata

Selasa, 19 September 2023 21:37 WIB
Garudafood menggandeng penggiat lingkungan untuk mengaktifkan kembali lebih dari 20 komunitas Bank Sampah di Pati, Jawa Tengah, Selasa (19/9). (Foto: Dok. Garudafood)
Garudafood menggandeng penggiat lingkungan untuk mengaktifkan kembali lebih dari 20 komunitas Bank Sampah di Pati, Jawa Tengah, Selasa (19/9). (Foto: Dok. Garudafood)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai bentuk dukungan terhadap gaya hidup berkelanjutan, Garudafood sejak 2021 berkolaborasi dengan para pemuda Karang Taruna Desa Sukobubuk Pati dan lebih dari 20 bank sampah Pati, Jawa Tengah dalam melakukan pengelolaan limbah sampah organik maupun an-organik.

Dilansir dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dari 35 juta ton timbulan sampah di tahun 2022, 40,6 persen sampah didominasi oleh sisa makanan sedangkan 17,9 persen lainnya merupakan sampah plastik.

Baca juga : Wujudkan Indonesia Emas, Ganjar Targetkan Satu Desa Satu Puskesmas

“Kami mendukung semangat masyarakat desa yang kini mulai menerapkan gaya hidup berkelanjutan untuk mengatasi permasalahan limbah sampah baik organik maupun an-organik," ujar Business Unit Head Garudafood Pati, Augustinus Winardi dalam keterangannya, Selasa (19/9).

Agustinus menambahkan, kolaborasi antara masyarakat, pemerintah daerah, pelaku usaha dan komunitas yang dapat membentuk rantai nilai pengelolaan sampah yang pada akhirnya berkontribusi pada pengurangan sampah nasional.

Baca juga : Sukseskan Pemilu 2024, Golkar Gelar Training BSNPG

"Hal ini sebagai usaha pencapaian target penurunan emisi Gas Rumah Kaca yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. Dimulai dari langkah kecil untuk mampu membawa perubahan besar dengan semangat gotong royong dan saling menumbuhkembangkan,” ujar Augustinus.

Limbah organik berupa limbah sisa makanan rumah tangga, pasar, maupun kantin pabrik diolah oleh para pemuda karang taruna menggunakan metode bio-konversi maggot melalui Program Pembinaan Kampung Wirausaha Maggot Garudafood. Berlokasi di Desa Sukobubuk, Pati Jawa Tengah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.