Dark/Light Mode

Komit Terapkan ESG, CKB Logistics Dorong Bisnis Berkelanjutan & Berinovasi

Kamis, 21 September 2023 20:48 WIB
Cipta Krida Bahari Logostics terus mendorong bisnis berkelanjutan. (Foto: Dok CKB Logistics)
Cipta Krida Bahari Logostics terus mendorong bisnis berkelanjutan. (Foto: Dok CKB Logistics)

 Sebelumnya 
Seperti project logistics, site management services, warehouse management, layanan kargo darat, laut dan udara, manajemen kepelabuhan hingga pusat logistik berikat atau PLB.

Dalam unit bisnis CKB Logistics, sambung Iman, perusahaan turut melakukan transformasi digital dengan mengikuti perkembangan teknologi terkini.

Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen, efisiensi biaya, hingga menghadapi persaingan sektor logistik yang kian kompetitif.

Lebih lanjut Iman mengatakan, melalui digitalisasi, perusahaan berhasil meningkatkan layanannya kepada konsumen dan operasional dalam rantai pasok.

CKB Logistics bertekad menjadi perusahaan agile dan mampu beradaptasi di segala kondisi.

Baca juga : Terima President FIA, Bamsoet Dorong Pelaksanaan WRC 2025 di Danau Toba

“Transformasi digital memungkinkan kami untuk lebih siap menghadapi perubahan dan tantangan bisnis global, sehingga perusahaan dapat terus berinovasi dalam persaingan bisnis yang terus berkembang,” papar Iman.

Menurutnya, bisnis CKB Logistics tak hanya fokus pada keuntungan semata. Untuk mendukung pemerintah dalam menuju Net Zero Emission (NZE), perusahaan turut aktif mengembangkan program Environmental, Social, and Governance (ESG).

Komitmen ini dibuktikan dalam beragam kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat melalui program yang telah diusung oleh CKB Logistics.

Beberapa di antaranya seperti BUNDA PAS (Peduli Asupan Sehat), CSR Mangrove, hingga CSR Empowerment Guru dan Sukarelawan di sekolah anak berkebutuhan khusus.

Perusahaan percaya ESG menjadi langkah awal untuk mendukung pembangunan berkelanjutan maupun keberlanjutan lingkungan.

Baca juga : Tekan MoU, ACE-CASE-ETP Jalin Kemitraan Dorong Kemajuan ASEAN Power Grid

Berbicara mengenai praktik ESG di lingkup perusahaan, CKB Logistics telah mengimplementasikan atap skylight di area gudang, electric forklift, peremajaan armada dengan standar Euro 4, dan yang lainnya.

Sementara itu, untuk menjaga kelestarian lingkungan, CKB Logistics aktif mengurangi emisi dengan target dua persen di setiap tahunnya.

Perusahaan juga mengadakan program penanaman mangrove berkelanjutan di Surabaya, Jawa Timur untuk mewujudkan Indonesia menuju nol emisi karbon atau NZE.

“Berkat program tersebut, sampai saat ini CKB Logistics telah berhasil menanam 6.000 bibit mangrove yang sudah kita mulai sejak 2022," ujar Iman.

Pada dasarnya, CKB Logistics percaya ESG menjadi hal mulia untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan keberlanjutan lingkungan.

Baca juga : Wisuda UNPERBA, Bamsoet Dorong Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi

Sampai dengan pertengahan 2023, CKB Logistics sudah membuka gudang baru di enam kota, yakni Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Sangatta (Kalimantan Timur), Muara Enim (Sumatera Selatan), Palembang (Sumatera Selatan), Meulaboh (Aceh), serta Benete (Nusa Tenggara Barat).

"Keenam kota tersebut menerapkan ESG, perusahaan aktif melakukan beberapa kegiatan seperti komitmen dari Top Management & ABM Group, Keterlibatan stakeholders, melakukan sosialisasi ESG," pungkas Iman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.