Dark/Light Mode

Whoosh Resmi Jadi Nama Baru Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kamis, 21 September 2023 21:06 WIB
Pemerintah secara resmi memberikan nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung yakni, Whoosh. (Ilustrasi: Istimewa)
Pemerintah secara resmi memberikan nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung yakni, Whoosh. (Ilustrasi: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah secara resmi memberikan nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung yakni, Whoosh. Nama itu merupakan kepanjangan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal.

Ketua Tim Panel Sayembara Desain Identitas Jenama Kereta Cepat Jakarta-Bandung Triawan Munaf mengatakan, pemilihan nama tersebut diberikan setelah tim merasakan naik kereta berkecepatan 350 km/jam tersebut.

Baca juga : Pertama Kali Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Prabowo: Serasa Di Luar Negeri

"Nama itu dilahirkan setelah semua merasakan," kata Triawan dalam konferensi persnya di Jakarta, Kamis (21/9).

Triawan menjelaskan, tim sayembara dibentuk atas kerja sama beberapa kementerian dan lembaga yakni Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kementerian Sekretarian Negara, PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC), dan perwakilan profesional periklanan.

Baca juga : Kemenhub Restui Uji Coba Terbatas Kereta Cepat

Menurut Triawan, dari Presiden Joko Widodo hingga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, ketika di dalam kereta cepat melaju selalu menyatakan 'Whoosh’. Dalam Bahasa Inggris Whoosh berarti cepat.

"Karena kita mencari istilah yang bisa diterima secara lokal dan global. Di Jepang ada Shinkansen, tapi sekarang kita punya Whoosh, "tuturnya.

Baca juga : KAI Kawal Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kemudian, nama Whoosh tersebut diberikan ke perkumpulan perusahaan desain grafis, untuk dibuatkan logo dan identitas.

Proses sayembara tersebut sudah dilakukan sejak Juli 2023 lalu. Namun setelah melalui proses seleksi, lalu ditemukan tiga finalis dengan desain yang membawa nama Whoosh.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.