Dark/Light Mode

Bahlil Janji Kawal Realisasi Investasi

Proyek Mall Dan Hotel Di IKN Selesai 2024

Sabtu, 23 September 2023 07:10 WIB
Presiden Joko Widodo (keenam kiri) didampingi Menteri Investasi/Kepala BKPB Bahlil Lahadalia (kedua kanan) dan para pimpinan konsorsium pengusaha Indonesia bersiap menyampaikan keterangan pers seusai peletakan batu pertama Hotel Nusantara di Kawasan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa)
Presiden Joko Widodo (keenam kiri) didampingi Menteri Investasi/Kepala BKPB Bahlil Lahadalia (kedua kanan) dan para pimpinan konsorsium pengusaha Indonesia bersiap menyampaikan keterangan pers seusai peletakan batu pertama Hotel Nusantara di Kawasan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa)

 Sebelumnya 
Bahlil mengungkapkan, dengan dilakukannya groundbreaking perdana dari swasta oleh perusa­haan dalam negeri, menunjukkan keberpihakan Pemerintah kepada pengusaha lokal.

“Daripada orang luar yang datang ke IKN melakukan in­vestasi, kenapa tidak teman-teman dalam negeri saja yang melakukan ini?” ujarnya.

Kepala Otoritas IKN Bam­bang Susantono menambahkan, terbentuknya Konsorsium Nu­santara bertujuan untuk mendu­kung pembangunan IKN sebagai kota yang layak huni (livable city) dan dicintai (lovable city).

Baca juga : Effendi Gazali: Ganjar Tak Pernah Rendahkan Profesi MC Dan Jurnalis

“Mereka akan membangun berbagai sarana dan prasana seperti kebun botani, taman warga dan taman ruang terbuka hijau yang akan menjadikan IKN sebagai kota yang menarik dan nyaman untuk ditinggali warganya,” tutur Bambang.

Dia menjelaskan, selain be­berapa investor yang tergabung dalam Konsorsium Nusantara, terdapat beberapa investor yang turut terlibat di dalam proses pembangunan di sektor perho­telan, mall, rumah sakit, pen­didikan dan perkantoran seperti Pakuan, Marriott, Jambuluwuk, Vasanta, Hermina dan Jakarta Intercultural School.

“Semua pembangunan tersebut dilaksanakan dengan prinsip go­tong- royong,” kata Bambang.

Baca juga : Jadi Menteri Investasi Sehari, Ini Yang Dilakukan Elisha

Ia menjelaskan, pihaknya hing­ga saat ini telah menerima 281 Let­ter of Intent (LoI) atau pernyataan minat dari investor swasta untuk terlibat dalam pembangunan IKN Nusantara. Sebagian besar meru­pakan negara-negara di ASEAN. Peningkatan jumlah LoIyang di­terima oleh OIKN tersebut sebagai dampak positif dari promosi IKN dalam penyelenggaraan KTT Ke- 43 ASEAN.

“Paling banyak masih tetap dari Singapura sebanyak 27 LoI, kemudian Jepang sebanyak 25 LoI, Malaysia sebanyak 19 LoIdan ada China sebanyak 17 LoI,” ujarnya.

Pengamat ekonomi dari Uni­versitas Indonesia Teuku Riefky mengatakan, peningkatan in­vestasi menjadi kunci dalam mendorong kemajuan pemban­gunan dan perekonomian di IKN ke depannya.

Baca juga : Pengamat Dukung Bahlil Kawal Investasi Proyek Petrokimia Rp 60 Triliun

Yang terpenting, kata Riefky, investasi yang masuk juga perlu menggandeng UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sebagai bagian dari upaya mem­perkuat fondasi ekonomi.

“Aturan yang dibuat Pemerin­tah harus mengakomodir kerja sama pengusaha besar dengan UMKM agar pertumbuhan ekonomi makin kuat dan mera­ta,” ucapnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 23/9/2023 dengan judul Bahlil Janji Kawal Realisasi Investasi, Proyek Mall & Hotel Di IKN Selesai 2024

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.