Dark/Light Mode

Rupiah Belum Ada Tanda-tanda Menguat

Selasa, 26 September 2023 09:59 WIB
Rupiah dan dolar AS. (Foto: Ist)
Rupiah dan dolar AS. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rupiah pagi ini dibuka pada posisi Rp 15.434 per dolar AS. Rupiah melemah 0,21 persen dari perdagangan sebelumnya Rp 15.402 per dolar AS.

Tidak hanya rupiah, mata uang di kawasan Asia bergerak di zona merah. Won Korea Selatan melemah 0,43 persen, peso Filipina melemah 0,16 persen, dolar Hong Kong melemah 0,05 persen, dan baht Thailand melemah 0,33 persen.

Baca juga : Andi Jadi Pj Bupati

Rupee India juga melemah 0,25 persen, dolar Singapura melemah 0,08 persen, dan yen Jepang melemah 0,02 persen. Sementara, yuan China dan ringgit Malaysia masing-masing menguat 0,06 persen dan 0,02 persen.

Mata uang negara maju juga kompak melemah. Poundsterling Inggris melemah 0,05 persen, dolar Kanada melemah 0,03 persen, dolar Australia melemah 0,02 persen, Euro Eropa melemah 0,08 persen, dan franc Swiss melemah 0,08 persen.

Baca juga : Awal Pekan, Rupiah Dibuka Tak Bersemangat

Pengamat Pasar Keuangan, Ariston Tjendra memprediksi, rupiah melemah terhadap dolar AS hari ini. Menurutnya, rupiah akan tertekan oleh yield obligasi pemerintah AS yang terus naik.

Menurut dia, investor juga masih mengantisipasi kemungkinan kenaikan suku bunga acuan AS tahun ini. Kekhawatiran itu muncul pasca sinyal yang diberikan bank sentral AS (The Fed) di rapatnya yang terakhir. 

Baca juga : Nana Mirdad, Ogah Berandai-andai Suami Bakal Serong

Dia memproyeksikan rupiah bergerak di Rp 15.360 sampai Rp 15.450 per dolar AS pada hari ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.