Dark/Light Mode

ASDP Kebut Pengembangan Kawasan Terintegrasi Labuan Bajo Dan BHC

Rabu, 27 September 2023 21:36 WIB
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Persero Ira Puspadewi tengah melakukan transformasi wilayah Pelabuhan di Labuan Bajo  (Foto: ASDP Indonesia)
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Persero Ira Puspadewi tengah melakukan transformasi wilayah Pelabuhan di Labuan Bajo (Foto: ASDP Indonesia)

 Sebelumnya 
Adapun, investasi pembangunan BHC yang diperkirakan akan selesai dalam jangka waktu sekitar 20-30 tahun mencapai sebesar Rp 4,5 T.

Menurut Ira, sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) yang menghubungkan pariwisata Lampung dan gerbang Pulau Sumatera, progress pembangunan tahap I sudah mencapai 100 persen.

Diantaranya untuk pembangunan Masjid BSI, Selasar Siger BTN, Menara Siger BRI, Area Parkir Siger Park, Siger Market Mandiri, Krakatau Park hingga Jalan Akses Tahap I.

Baca juga : Moda Transportasi Jabodetabek Terintegrasi Bulan Depan

Sementara, saat ini proses pembangunan untuk Creative Hub BNI sudah mencapai 87 persen.

Selain itu, kata Ira, untuk melengkapi fasilitas di BHC, akan segera dibangun Museum Siger dan pembangunan Amphitheater Siger Park yang masih dalam proses.

Museum Siger rencananya akan berdampingan dengan Menara Siger, dibangun dengan standar internasional dan akan menjadi salah satu sarana untuk melindungi, mengembangkan, dan mengomunikasikan sejarah Siger dan kebudayaan Lampung.

Baca juga : Pemkot Tangerang Sabet Kota Terbaik Kategori Kewaspadaan Dini Hadapi Wabah

Adapun, Amphitheater Siger Park saat ini masih dalam proses pembangunan dan diperkirakan akan beroperasi pada awal 2024.

Dengan kapasitas hingga 1.500 orang, penyelenggara acara dapat melangsungkan konser dan aktivitas outdoor lainnya.

Hingga Agustus 2023, data mencatat total pengunjung Siger Park sebanyak 71.540 unit kendaraan dengan rincian 28.280 unit motor dan 43.260 unit mobil.

Baca juga : Kebutuhan Pekerja IT Kian Tinggi, Data Academy Kreasikan Talent Pool Digital

Jumlah unit kendaraan roda dua tertinggi ada pada bulan April sebanyak 8.248 unit dan jumlah unit kendaraan roda empat tertinggi ada pada bulan Juli sebanyak 10.225 unit.

Ira menambahkan, transformasi ASDP tidak hanya dilakukan pada wilayah sekitar pelabuhan dan operasional, namun juga pada segi pelayanan dengan menghadirkan integrasi sistem online ticketing Ferizy.

Saat ini Ferizy dapat diakses di 15 Pelabuhan diantaranya Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk, Ajibata, Ambarita, Lembar, Padangbai, Jangkar, Sape, Labuan Bajo, Jepara, Karimunjawa, Ujung, dan Kamal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.