Dark/Light Mode

HUT Ke-78, Dengan Semangat Bersatu Menuju KAI Baru Untuk Indonesia Maju

Kamis, 28 September 2023 14:12 WIB
Upacara peringatan HUT ke-78 KAI di Halaman Kantor Pusat KAI Jl Perintis Kemerdekaan, Bandung. Bertindak sebagai pembina upacara, Direktur Utama KAI - Didiek Hartantyo dengan menggunakan baju adat, Kamis (28/9). (Foto: Dok. KAI)
Upacara peringatan HUT ke-78 KAI di Halaman Kantor Pusat KAI Jl Perintis Kemerdekaan, Bandung. Bertindak sebagai pembina upacara, Direktur Utama KAI - Didiek Hartantyo dengan menggunakan baju adat, Kamis (28/9). (Foto: Dok. KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperingati hari ulang tahunnya yang ke-78 pada 28 September 2023. Pada peringatan HUT kali ini, KAI mengangkat tema Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, Untuk Indonesia Maju.

Tema ini diangkat untuk merepresentasikan persatuan dan semangat insan KAI dalam mencapai tujuan bersama untuk Indonesia maju.

“Dalam rangka perayaan HUT ke-78 KAI, saya mengajak seluruh insan KAI untuk sejenak merefleksikan diri menanamkan dalam hati dan pikiran bahwa setiap pekerjaan yang kita lakukan memiliki dampak," ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Kamis (28/9).

Didiek menambahkan, setiap insan KAI memiliki peran dan tanggung jawab serta amanah untuk membawa perusahaan ini lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Baca juga : Ganjar Berkomitmen Bangun Industri Digital Untuk Indonesia Emas

Tahun 2023 merupakan tahun yang sangat penting bagi KAI dimana pada tahun ini KAI akan menyelesaikan 2 Proyek Strategis Nasional (PSN) yaitu LRT Jabodebek dan Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (Whoosh).

LRT Jabodebek merupakan transportasi yang menerapkan teknologi Communication-Based Train Control (CBTC) dengan sistem operasi Grade of Automation (GoA) level 3 atau driverless yang pertama di Indonesia, seluruh pengoperasian kereta dikendalikan dari Operation Control Center (OCC).

LRT Jabodebek ini telah diresmikan Presiden Jokowi pada 28 Agustus 2023 dan mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari masyarakat.

Selanjutnya, berdasarkan Perpres 93 tahun 2021, pemerintah telah mengamanatkan kepada KAI untuk menjadi pimpinan konsorsium BUMN untuk percepatan penyelesaian proyek Whoosh yang saat ini sedang dalam tahap pengetesan dan trial operation dengan kecepatan maksimum 350 km per jam.

Baca juga : HUT Ke-25, PSMTI Gelar Donor Darah Serentak se-Indonesia

Dengan kecepatan maksimum tersebut, Whoosh merupakan kereta api cepat pertama yang akan dioperasikan di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

“Tentunya pencapaian ini akan menjadi sejarah perkeretaapian di Indonesia di tahun 2023, dan telah membangkitkan rasa kebanggaan nasional bangsa Indonesia,” tutur Didiek.

Di samping penyelesaian 2 PSN tersebut, tahun ini KAI melakukan investasi peremajaan sarana yang terbesar sepanjang sejarah KAI, dengan melakukan pengadaan sebanyak 612 kereta eksekutif dan ekonomi, 11 kereta luxury, 4 kereta panoramic, serta modernisasi kereta ekonomi menjadi Kereta Ekonomi New Generation yang semuanya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa transportasi kereta api.

Didiek menjelaskan, pengadaan kereta-kereta tersebut juga dilengkapi dengan pengadaan 16 trainset KRL baru yang dilakukan KAI Commuter dalam rangka mendukung produksi dalam negeri.

Baca juga : Dubes Selandia Baru Untuk Indonesia Rayakan 5 Tahun Kerja Sama Energi Panas Bumi

"Sebagai bentuk inovasi layanan serta memberikan pengalaman baru, KAI juga segera menghadirkan kereta kompartemen dengan konsep Bima Reborn yang menawarkan pengalaman baru bagi pelangan dalam menikmati perjalanan dengan kereta api," tutur Didiek.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.