Dark/Light Mode

Inacraft On October Dongkrak Industri Kerajinan Indonesia Tembus Peringkat Ke-15 Dunia

Jumat, 29 September 2023 21:29 WIB
Launching Pameran Inacraft on October 2023 di Sarinah, yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) 4-8 Oktober 2023. (Ilustrasi: Istimewa)
Launching Pameran Inacraft on October 2023 di Sarinah, yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) 4-8 Oktober 2023. (Ilustrasi: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Tampilan yang berbeda diharapkan menjadi penyegaran pameran setelah melewati dua dekade dengan refresh konsep termasuk kehadiran insight program khusus, Talam Inacraft,” ujar Ketua Umum BPP Asephi Muchsin Ridjan.

Tidak hanya dari segi program, namun konsep baru Inacraft kali ini juga menghadirkan area booth baru yaitu Youth Corner.

Seri kedua Inacraft ini, memberikan kesempatan dan peluang kepada para pelaku usaha muda di seluruh Indonesia sebagai wadah untuk memamerkan hasil karya anak bangsa ke kancah internasional.

Baca juga : Tim Indonesia Tembus 8 Besar Kejuaraan Dunia BWF Junior

Selain itu juga menambah eksistensi pameran Inacraft sebagai salah satu pameran kerajinan tangan terpopuler dan terlengkap di Indonesia yang terus menyesuaikan dengan tren saat ini.

Muchsin melanjutkan, Asephi bekerja sama dengan Mediatama Event bertujuan untuk memfasilitasi dan mempromosikan produk-produk kerajinan lokal agar dapat berkompetisi dengan produk internasional.

“Inacraft terus mengembangkan potensinya sebagai benchmark kerajinan nasional dengan cara menggandeng perajin muda, youth and millenium artisans, dan peserta luar negeri negara sahabat sebagai wujud bangkit setelah pandemi dan kekuatan UKM Indonesia menjadi bagian dari Worldpreneur Citizen,” tuturnya.

Baca juga : Jokowi Yakin Indonesia Jadi Poros Karbon Dunia

Pameran Inacraft di bulan Oktober ini akan menampilkan paviliun ikon dari Pemerintah Kota Pekalongan bersama dengan 10 island di area Main Lobby dan 16 island di Lobby Hall A.

Inacraft on October 2023 akan dikuti 772 booth yang terdiri dari Anggota Asephi, dua peserta binaan BUMN, 18 peserta binaan Dinas/Dekranasda, peserta internasional di negara-negara sahabat, dan dihadiri visitor/tamu baik nasional maupun internasional.

“Pameran Inacraft menargetkan 100 ribu pengunjung dengan target transaksi retail sebesar Rp 50 miliar dengan kontrak dagang diharapkan mencapai 1 juta dolar AS atau setara Rp 15,47 miliar,” ucap Muchsin.

Baca juga : Latihan Militer Bersama, AU Australia Dan Indonesia Kerahkan F-35A Dan F-16

Inacraft On October 2023 direncanakan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ketika acara pembukaan (opening ceremony) yang dilaksanakan pada hari Rabu, 4 Oktober 2023 di Assembly Hall JCC.

Dalam kegiatan tersebut, pengunjung pameran akan disuguhkan dengan berbagai acara menarik, seperti Craft Talk, Craft Workshop, Fashion Show dan Art Performance by Minangkabau Heritage, Emerging Award, dan Music Performance. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.