Dark/Light Mode

Pengamat: Naiknya Harga Minyak Dunia Bisa Berdampak ke Harga BBM

Sabtu, 30 September 2023 04:24 WIB
Ilustrasi. Kilang Minyak/Bloomberg
Ilustrasi. Kilang Minyak/Bloomberg

RM.id  Rakyat Merdeka - Harga minyak dunia dalam beberapa bulan terakhir terus merangkak naik. Hal ini memicu adanya penyesuaian harga BBM.

Beberapa korporasi yang bermain di bisnis BBM di Tanah Air juga sudah melakukan perubahan harga mengikuti pergerakan harga minyak dunia.

Baca juga : Pertamina Hadirkan PLTS Di TPS3R Desa Adat Kedonganan

Harga minyak sudah cukup lama bertengger diatas level 90 dolar AS per barel dan terus bergerak naik.

Mengutip Reuters, Brent berjangka untuk pengiriman November berada diposisi 95,38 dolar AS per barel. Penjualan Brent berjangka untuk November berakhir pada hari ini, Jumat (29/9).

Baca juga : Pengamat: Duet Andika-Ganjar Bisa Bikin Efek Ledak

Brent berjangka pengiriman bulan Desember yaitu 93,10 dolar AS per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 1,97, atau 2,1 persen menjadi 91,71 dolar AS per barel.

Direktur Eksekutif Reforminer Insitute Komaidi Notonegoro, mengungkapkan harga minyak dunia adalah komponen terbesar dalam pembentukan harga BBM.

Baca juga : Imbangi Prabowo, Pengamat: Andika Perkasa Layak Dampingi Ganjar

Menurut Komaidi komponen harga di harga minyak sekitar 55-60 persen bergantung pada kualitas minyak atau jenis bensin atau solar, bedanya jenis dan kualitas ada yang ringan dan berat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.