Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Imbangi Prabowo, Pengamat: Andika Perkasa Layak Dampingi Ganjar

Rabu, 20 September 2023 19:34 WIB
Andika Perkasa Dan Ganjar Pranowo. (Foto : antara)
Andika Perkasa Dan Ganjar Pranowo. (Foto : antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai, Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa layak untuk mendampingi Ganjar Pranowo karena memiliki kapabilitas militer yang dimiliki oleh calon lain.

"Bisa jadi Andika yang berasal dari kalangan militer untuk menyaingi Prabowo, yang kita tahu Prabowo adalah kandidat militer yang senior, tentara senior yang sudah makan asam garam. Tentu itu ingin disaingi oleh PDIP dengan menghadirkan cawapres dari eks tentara juga," ujar Ujang dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (20/9).

Baca juga : Jelang Pilpres 2024, Pengamat: Kehadiran Tokoh Ekonomi Sangat Penting

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani mengatakan terdapat tinggal beberapa nama yang berpeluang mendampingi Ganjar Pranowo. Antara lain, Erick Thohir, Sandiaga Uno, Andika Perkasa, dan Mahfud MD

PDIP rupanya ingin memberi ruang bagi Andika untuk bisa menjadi salah satu kandidat cawapres Ganjar.

Baca juga : Pengamat Sebut Hadi Tjahjanto Potensial Jadi Cawapres, Cocok Dengan Ganjar

Kendati menurut Ujang, elektabilitas Andika tergolong rendah dibandingkan empat nama lain yang masuk bursa cawapres Ganjar seperti Erick Thohir, Sandiaga Uno, Muhaimin Iskandar, dan Agus Harimurti Yudhoyono.

Menurut Ujang, ada atau tidak ada koalisi partai yang mendukung, PDIP tetap bisa mengusung capres dan cawapres sendiri. Namun demikian, penentuan cawapres ini sepenuhnya menjadi kewenangan Megawati sebagai sosok tunggal penentu.

Baca juga : OSO Ungkap Pendamping Ganjar

"Dari lima nama yang dimunculkan PDIP saat ini, ya ujung-ujungnya yang pilih ya Megawati, yang tentukan Megawati. Jadi cawapres Ganjar itu ya saya sih melihatnya bisa saja sosok yang tidak memiliki elektabilitas yang tinggi, yang biasa-biasa saja artinya tidak memiliki elektabilitas tinggi. Tetapi memiliki elektabilitas yang biasa saja seperti Andika begitu," ujarnya.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.