Dark/Light Mode

Kembali Dipercaya Nahkodai MES

Erick Pede Perbankan Syariah Tumbuh 25 %

Rabu, 4 Oktober 2023 07:20 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Saya merasa belum puas dengan kinerja yang kita lakukan saat ini, karena banyak catatan yang perlu dibenahi. Tentu ini juga ditujukan untuk diri saya sendiri,” ucapnya.

Menurut Erick, ada dua mo­mentum yang tidak mudah untuk dimaksimalkan jika tidak men­jadi perhatian bersama. Yakni, sambung Erick, berbagai riset global menyebutkan, pada 2040 Indonesia diindikasikan tidak lagi menjadi negara berpenduduk Muslim terbesar dunia karena berpotensi disalip oleh Pakistan dan India.

Selanjutnya, kata Erick, soal komitmen untuk menghadirkan ekosistem Rumah Syariah dengan peningkatan dan perluasan akses kepemilikan rumah bagi guru, pengajar, perawat, dan go­longan masyarakat yang kurang mampu dengan skema syariah.

Baca juga : Pemerintah Longgarkan Syarat Penerima Subsidi

“Kita harus punya Rumah Syariah. Di rumah itu, bisa disusun program dan sistem, tim dan database. Hal ini untuk mendukung kehadiran kebijakan yang nyata,” tuturnya.

Bukan cuma itu, Erick berkomitmen untuk mendorong kebijakan yang dapat mengekspansi produk keuangan sya­riah untuk masuk ranah global. Dan saat ini Erick menyebut, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) telah masuk sebagai 12 bank syariah terbesar di dunia.

“Saya berharap, agar seluruh pemangku kepentingan, ter­masuk Pemerintah mendukung program untuk meningkatkan sistem keuangan dan perekono­mian syariah,” pintanya.

Baca juga : Piala AFF U-23, Erick Pede Indonesia Tembus Final

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendukung Erick Thohir kembali memimpin MES untuk periode 2023-2028. Menurutnya, Erick berhasil memimpin or­ganisasi nirlaba berbasis sistem ekonomi syariah pada periode sebelumnya.

Pada periode sebelumnya, kepengurusan MES sudah terbangun sampai ke Kabupaten/Kota, bahkan hingga ke-23 negara.

“Saya melihat ini sudah bagus sekali, kepengurusan sudah ter­bangun sampai ke Kabupaten, Kota, di luar negeri sudah 23 negara,” ucapnya.

Baca juga : Kembali Ditanya Soal Cawapres, Erick Fokus Kerja

Menurut Wapres, beberapa ca­paian yang ditorehkan Erick pada periode sebelumnya di antaranya penghargaan ISO 9001.2015 hingga keuangan MES mampu mencatatkan hasil audit dengan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ia meminta Erick agar tetap melanjutkan dan meningkat­kan kinerja MES ke depannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.