Dark/Light Mode

Anak Usaha ABM Investama Borong 8 Penghargaan di GMP Award 2023

Rabu, 4 Oktober 2023 13:34 WIB
Tunas Inti Abadi dan Cipta Kridatama berhasil meraih 4 penghargaan sekaligus di gelaranGMP Award 2023 yang diadakan  Kementerian ESDM. (Foto: Istimewa)
Tunas Inti Abadi dan Cipta Kridatama berhasil meraih 4 penghargaan sekaligus di gelaranGMP Award 2023 yang diadakan Kementerian ESDM. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Grup ABM menyadari pentingnya menjaga lingkungan dan keselamatan pekerja di lingkup operasional perusahaan. Komitmen CK dan TIA dalam menerapkan good mining practice, sejalan dengan tantangan industri tambang.

Menurut Budi, keberhasilan penerapan good mining practice memang harus melibatkan semua pihak.

Budi mengapresiasi langkah Kementerian ESDM yang terus mendorong perusahaan agar menerapkan kaidah pertambangan yang baik.

Baca juga : WBN Sabet Penghargaan Bergengsi Di Ajang Good Mining Practice Award 2023

“Grup ABM secara konsisten menerapkan kaidah pertambangan yang baik di setiap aspek operasional. Kami sangat bersungguh-sungguh dalam mengelola sisa tambang sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan untuk memberikan dampak positif bagi seluruh pihak,” ujar Feriwan.

Sementara itu, Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang Kementerian ESDM, Sunindyo Suryo Hendardi, selaku ketua panitia menjelaskan, GMP Award ini merupakan ajang tahunan untuk memberikan Penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batu Bara yang Baik atau Good Mining Practice.

"GMP Award 2023 diikuti oleh 13 perusahaan KK, 33 perusahaan PKP2B, 30 perusahaan IUPMA, 224 perusahaan IUP PMDN, 20 IUP BUMN, 9 perusahaan IUPK, serta 65 perusahaan IUJP," ujarnya.

Baca juga : Modernland Realty Raih Penghargaan Marketing Award 2023

Adapun 5 aspek yang diprioritaskan dalam penerapan good mining practice antara lain pengelolaan lingkungan hidup pertambangan, reklamasi, dan pasca tambang, pengelolaan teknis pertambangan.

Lalu Pengelolaan konservasi mineral dan batu bara, pengelolaan keselamatan pertambangan, serta pemanfaatan teknologi dan penerapan teknologi pertambangan.

Selain sebagai ajang apresiasi, GMP Award juga menjadi tolak ukur hasil kinerja pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara terhadap Badan Usaha Pertambangan juga Perusahaan Jasa Pertambangan selama satu tahun terakhir.

Baca juga : Top! 2 Anak Perusahaan PHI Boyong Penghargaan Subroto Award

“Ajang ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada perusahaan sektor pertambangan di Indonesia yang telah melakukan kaidah teknik pertambangan yang baik," ujar Sunindyo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.