Dark/Light Mode

HUT Ke-85, Sinar Mas Gelar Tjipta UMKM Fair 5.0

Rabu, 4 Oktober 2023 17:26 WIB
Sinar Mas Board Members, para penasihat senior, juga direksi berpose bersama mitra UMKM peraih Tjipta UMKM Award 2023. (Foto: Ist)
Sinar Mas Board Members, para penasihat senior, juga direksi berpose bersama mitra UMKM peraih Tjipta UMKM Award 2023. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini, Sinar Mas genap berusia 85 tahun. Untuk merayakannya, Sinar Mas menggelar Tjipta UMKM Fair 5.0.

Acara yang digelar di Sinar Mas Land Plaza Jakarta itu menjadi wahana bagi pelaku usaha binaan pilar bisnisnya untuk memamerkan produk unggulan mereka. Tidak hanya kepada keluarga besar Sinar Mas, tapi juga khalayak luas. 

Board Member Sinar Mas, Franky Oesman Widjaja mengatakan, langkah menaikkelaskan UMKM ini harus terus berlanjut agar mereka dapat berkembang dan mengawal pertumbuhan perekonomian Indonesia. Mengingat kontribusi mereka terhadap produk domestik bruto Indonesia yang mencapai lebih dari 60 persen, serta menyerap 97 persen tenaga kerja yang ada.

Baca juga : Masalah Honorer Tuntas Akhir 2024

“Fokus kami adalah membina UMKM berbasis skema inclusive closed loop. Kami berusaha meningkatkan produktivitas UMKM agar pendapatan mereka terus meningkat, nantinya bisa berkembang, membangun perusahaan, dan mampu meningkatkan GDP Indonesia,” ujarnya.

Tjipta UMKM Fair tahun ini, disemarakkan dengan penyerahan penghargaan kepada para pelaku usaha yang sukses mengeskalasi bisnisnya, pada sejumlah kategori. “Yang berbeda dari Tjipta UMKM tahun ini adalah kami memberi penghargaan untuk beberapa kategori kepada UMKM. Hal ini agar para pelaku UMKM bisa saling belajar dan termotivasi untuk turut bersaing dan berkembang bersama,” ujar Ketua Umum Eka Tjipta Foundation, Hong Tjhin. 

Komitmen Sinar Mas turut diapresiasi oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. “Tadi saya sudah melihat berbagai produk UMKM yang berhasil dibina oleh Sinar Mas, mulai dari produksi, pengemasan, hingga pemasaran. Saya turut mengapresiasi kinerja Sinar Mas karena telah berhasil membuktikan komitmennya dalam menaikkelaskan UMKM di Indonesia,” kata Heru.

Baca juga : HUT Ke-25, PSMTI Gelar Donor Darah Serentak se-Indonesia

Sinar Mas melalui peran Eka Tjipta Foundation beserta inisiatif berbagai pilar usahanya tercatat menaungi sebanyak kurang lebih 300 pelaku usaha kecil. Sepuluh di antaranya, hadir dalam pameran. Selepas pendampingan melekat dari perusahaan, mereka berhasil meningkatkan kualitas produk dan layanannya, memperluas jangkauan pasar, serta mengalami peningkatan omset yang menggembirakan. 

Salah satunya produk UMKM binaan Sinar Mas Land, Renata Eco Fashion yang berhasil meningkatkan omsetnya hingga 500 persen per bulan. Selain itu, terdapat juga UMKM binaan Bank Sinarmas yang meningkat omsetnya sehingga bisa berkolaborasi lebih jauh dengan berbagai pihak seperti pemerintah daerah, kalangan swasta lainnya, lembaga pendidikan hingga organisasi kemasyarakatan.

Dengan mempertahankan semangat kolaborasi Sinar Mas menurut Hong Tjhin berupaya agar sektor industri dan usaha kecil dapat #MajuBersama, sebagaimana tagar peringatan hari ulang tahun, menuju masa depan yang penuh harapan. “Bersama-sama, kita dapat menciptakan ekosistem bisnis yang inklusif dan memberdayakan, memberi mereka kesempatan untuk berkembang, masuk rantai pasok industri, hingga bersaing di pasar global,” kata Franky.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.