Dark/Light Mode

Inacraft 2023, Pupuk Indonesia Perluas Pasar UMKM Binaan

Sabtu, 7 Oktober 2023 15:02 WIB
Pupuk Indonesia kembali mengikuti gelaran Inacraft 2023, yang berlangsung di Balai Sidang Jakarta Convention Center. (Foto: Dok. Pupuk Indonesia)
Pupuk Indonesia kembali mengikuti gelaran Inacraft 2023, yang berlangsung di Balai Sidang Jakarta Convention Center. (Foto: Dok. Pupuk Indonesia)

 Sebelumnya 
Selanjutnya, UMKM Kurnia Songket Kalbar dan Sumarni Liong yang merupakan binaan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT).

Selain itu, UMKM Loji Craft yang merupakan binaan PT Rekayasa Industri (Rekind).

"Dan UMKM Lembayung Ethnic, Dzafira Indonesia, Selawase, Qtacraft Official, Jaroe Craft, 3C Craft dan Etsy Beads merupakan binaan PIKA-PI Group," kata Rika.

Rika berharap, produk-produk UMKM binaan PI Grup diminati para pengunjung karena Inacraft merupakan pameran bertaraf internasional. Apalagi, tujuan pameran ini untuk memfasilitasi produk kerajinan lokal agar dapat menjangkau pasar ekspor.

Baca juga : Inacraft On October 2023, Rumah BUMN BNI Hadirkan UMKM Berkelanjutan

"Produk-produk UMKM Binaan kami, telah melalui tahapan kurasi mulai dari kualitas produk, kapasitas dan keberlanjutan produksi,” tutur Rika.

Sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, Rika menegaskan, bahwa perseroan akan terus mendukung mitra binaan UMKM untuk Go Digital dan Go Global.

"Karena UMKM merupakan sektor paling banyak menyerap tenaga kerja dan menjadi penyangga pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Rika.

Di kesempatan yang sama, Ketua PIKA-PI Group, Kuntari Laksmitadewi Wahyuningdyah, mengajak para pengunjung untuk mengunjungi booth Pupuk Indonesia Grup yang berada di Hall B JCC.

Baca juga : Inacraft 2023 Dibuka Jokowi, Pertamina Hadirkan 20 Mitra Binaan Terbaik

“Silahkan kunjungi booth Pupuk Indonesia Grup di Inacraft JCC, dari 4 sampai 8 Oktober 2023,” katanya.

Seperti diketahui, pemeran Inacraft 2023  telah dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 4 Oktober 2023.

Dalam sambutannya Jokowi berharap, produk UMKM tanah air semakin banyak dikunjungi.

"Dari tahun ke tahun, produk yang ditampilkan pada gelaran ini memiliki kualitas yang semakin baik dan banyak produk lokal yang sudah dikenal luas," ucapnya.

Baca juga : Menparekraf: Indonesia Siap Gelar MotoGP 2023 Di Mandalika

Jokowi menilai, antusiasme peserta untuk mengikuti pameran Inacraft juga sangat tinggi. Hal ini terlihat dari penuhnya stan yang disediakan. Dari 18.700 meter persegi (m2) area pameran, semua terisi penuh dan terbagi untuk 772 booth.

“Semua terisi penuh. Kalau sudah seperti itu, kita harapkan pengunjung juga akan makin banyak, harus banyak. Buyer-nya juga akan lebih banyak dan kita harapkan omzetnya akan makin baik dan makin besar,” tandas Jokowi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.