Dark/Light Mode

Punya Jam Terbang Tinggi

PP Dipercaya Bangun Kantor BUMN Di IKN

Rabu, 11 Oktober 2023 07:20 WIB
Pengamat BUMN dari Univer­sitas Indonesia (UI) Toto Pranoto. (Foto: Ist)
Pengamat BUMN dari Univer­sitas Indonesia (UI) Toto Pranoto. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Ia mendorong perlunya dilaku­kan langkah-langkah perbaikan agar BUMN Konstruksi bisa melakukan performance keuangan lebih baik. Salah satunya, dengan melakukan divestasi pada proyek investasi yang sudah disele­saikan, sehingga akan mengurangi tekanan utang dan cash flow.

Selanjutnya yang kedua, melakukan penyehatan struktur keuangan dengan lebih banyak menggunakan pendanaan proyek yang bersifat ekuitas.

“BUMN Konstruksi bisa me­manfaatkan pembiayaan yang berasal dari Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF) INA yang sudah dibentuk,” ujarnya.

Baca juga : Wapres Kawal Langsung Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Papua

Terakhir, lebih memilih proyek-proyek yang metode pembayarannya bersifat Monthly Payment. Dengan begini diharapkan arus kas PT Waskita Karya (Persero) Tbk, salah satu BUMN Konstruksi, menjadi lebih lancar dan sehat.

Terpisah, Direktur Utama PT Bina Karya (Persero) Boyke P Soebroto menyampaikan, setelah kesepakatan kerja sama dengan PTPP ditandatangani, maka proses pembangunan da­pat dilakukan secepatnya.

“Saya berharap pada 1 Novem­ber nanti bisa mulai ground break­ing. Karena posisi perkan­toran BUMN terletak di prime area yang banyak diincar orang, yaitu Sumbu Kebangsaan,” kata Boyke dalam keterangan resmi, Minggu (8/10).

Baca juga : Angkasa Pura Logistik Dipercaya Lagi Tangani Kargo MotoGP

Boyke memastikan, pemba­hasan akan terus dilanjutkan dan kerja sama antara PT Bina Karya (Persero) dengan PTPP dapat terus berlanjut dan berkembang ke berbagai bidang.

Tak hanya itu, Direktur Strate­gi Korporasi dan HCM (Human Capital Management) PTPP, Sinur Linda Gustina menambah­kan, pembangunan perkantoran BUMN di IKN ini diharapkan mampu mendukung proses pe­mindahan dan penyelenggaraan IKN ke depannya.

Sinur berharap, proses pem­bangunan perkantoran BUMN bisa dipercepat dengan tetap memenuhi standar.

Baca juga : 121 Gedung Tinggi Di Jakarta Operasikan 135 Water Mist

PTPP akan membangun ka­wasan perkantoran BUMN di IKN. Hingga September 2023, perusahaan telah mengamankan kontrak di tangan (order book) sejumlah Rp 60 triliun.

Dan setidaknya terdapat 10 proyek yang digenggam PTPP. Yakni, Jalan Tol IKN, Jalan Sisi Kebangsaan Sumbu Barat, Ka­wasan Inti Pusat Pemerintahan 1 dan 2, Istana Presiden dan lapangan upacara, Kantor Presiden, Gedung Kementerian Sekretariat Negara, akses Masjid IKN, derma­ga logistik, serta rumah susun ASN (Apatatur Sipil Negara).

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 11/10/2023 dengan judul Punya Jam Terbang Tinggi, PP Dipercaya Bangun Kantor BUMN Di IKN

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.